5 Hal Mudah yang Bisa Dilakukan untuk Menurunkan Berat Badan

Wilda Fajriah, Jurnalis · Minggu 07 Maret 2021 18:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 07 612 2373764 5-hal-mudah-yang-bisa-dilakukan-untuk-menurunkan-berat-badan-EXucSRXmay.jpg Makan sehat (Foto: Healthline

Menurunkan berat badan merupakan hal yang tak mudah dilakukan. Namun Anda bisa mencoba hal-hal yang mudah dilakukan untuk menurunkan berat badan.

Oleh karena itu, melansir Times of India, berikut 5 hal mudah yang bisa Anda lakukan guna menurunkan berat badan secara efektif.

 makan banyak serat

1. Makan lebih banyak serat

Dengan meningkatkan kandungan serat dalam makanan, Anda tidak hanya meningkatkan kesehatan pencernaan Anda, tetapi juga mengurangi jumlah asupan kalori, karena serat membantu Anda tetap kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama. Buah-buahan, sayuran hijau, kacang-kacangan, biji-bijian, dan polong-polongan adalah beberapa sumber serat yang bagus.

2. Minum banyak air

Air adalah salah satu sumber energi utama dalam tubuh kita. Ini tidak hanya meningkatkan pencernaan tetapi juga membantu membangun sistem kekebalan Anda. Selain itu, ini membantu tujuan penurunan berat badan Anda dengan membuat Anda kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama dan membantu Anda menghindari karbohidrat dan lemak yang tidak sehat.

3. Tidur nyenyak

Banyak penelitian telah mengklaim adanya hubungan antara pembatasan tidur dan perubahan negatif dalam metabolisme, yang seringkali dapat menyebabkan penambahan berat badan. Karena itu, penting bagi Anda untuk cukup tidur, jika Anda ingin menurunkan berat badan.

4. Tambahkan lemak sehat ke dalam makanan Anda

Orang yang ingin menurunkan berat badan sering kali tidak menyukai gagasan tentang lemak. Namun, jika Anda menambahkan lemak tak jenuh yang kaya nutrisi ke dalam makanan Anda, hal itu dapat meningkatkan perasaan kenyang dalam diri Anda dan mencegah Anda makan lemak tidak sehat secara berlebihan di kemudian hari.

5. Kurangi jumlah minyak saat memasak

Jika Anda benar-benar ingin mengurangi berat badan, Anda harus memasukkan sedikit minyak ke dalam masakan Anda. Meskipun beberapa minyak, seperti minyak alpukat atau bunga matahari, lebih sehat daripada yang lain dan minyak tertentu kaya akan lemak sehat, Anda harus tetap memeriksa kandungan minyak yang Anda gunakan dalam memasak.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini