Tips Sederhana Buat Makanan Sehat, Salah Satunya Beli Sayuran yang Bisa Dikukus

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Senin 08 Maret 2021 11:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 08 481 2373930 tips-sederhana-buat-makanan-sehat-salah-satunya-beli-sayuran-yang-bisa-dikukus-QdjcTfrDhS.jpg Ilustrasi makanan sehat. (Foto: Freepik)

MAKANAN sehat adalah salah satu asupan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Ini bisa dikonsumsi ketika sedang menjalani masa pemulihan atau memang sehat-sehat saja.

Sayangnya, masih banyak orang mengira membuat makanan sehat itu membutuhkan waktu lama dan bahan-bahan rumit. Segera buang pikiran seperti itu, karena tidak sepenuhnya benar.

Baca juga: Sudah Divaksin? Ini Makanan yang Disarankan untuk Dikonsumsi 

Berikut ini tips sederhana membuat makanan sehat yang baik untuk tubuh, sebagaimana dilansir dari laman Your Tango.

1. Beli sayuran yang bisa dikukus

Memasak di rumah jauh lebih sehat, tidak menggemukkan badan, dan lebih murah daripada membeli di luar. Kamu bisa memasukkan sayuran ke dalam microwave, mengukus atau merebusnya. Tentunya harus membeli sayuran yang bisa dikukus.

Makanan sehat. (Foto: User14908974/Freepik)

2. Siap sedia bahan-bahan

Rahasia membuat makanan cepat saji adalah kamu sudah memiliki sesuatu untuk dimasak. Ketika berbelanja, pilih berbagai bahan pokok yang akan bertahan lama di dapur atau lemari es. Jadi, kamu sudah siap sedia membuat menu makanan sehat.

3. Beli banyak bahan makanan sehat

Coba beli bahan-bahan makanan sehat dalam jumlah besar. Di antaranya selalu sediakan daging sapi, ayam, ikan, dan sayuran beku organik yang bisa disimpan di lemari es.

Baca juga: Ini Alasan Makan Sup Setelah Vaksinasi Covid-19 Sangat Baik untuk Tubuh 

4. Rencanakan menunya

Jika kamu sudah mengetahui apa yang akan dimakan, siapkanlah lebih awal sehingga tidak membuang-buang waktu untuk membelinya terlebih dahulu. Ini mengharuskan kamu untuk mencairkan sesuatu di pagi atau siang hari, jadi rencanakan menu apa yang akan dikonsumsi pada hari itu, mulai pagi sampai malam.

5. Belanja secara teratur

Belilah apa yang akan kamu makan pada minggu itu saja. Ini untuk menjaga produk tetap segar. Seperti selada, mentimun, bawang bombai, tomat, dan beberapa potong buah, tergantung apa yang diinginkan.

6. Pilih bahan makanan yang sehat dan serbaguna

Siapkan keju dan yoghurt. Produk susu ini membantu kamu memvariasikan menu makanan sehat. Keju bisa digunakan untuk lasagna dan banyak makanan cepat saji lainnya. Yoghurt tawar baik untuk saluran pencernaan dan bisa dipakai dalam banyak saus atau dressing.

Baca juga: Pasien Covid-19 Hindari 5 Makanan Ini Supaya Cepat Sembuh 

7. Belanja bahan makanan di akhir pekan

Kamu juga bisa mencoba melakukan persiapan makan untuk setiap pekannya. Ini membantu memastikan bahwa setidaknya sarapan dan makan siang sudah direncanakan. Dengan melakukan ini, kamu tidak akan boros membeli bahan-bahan yang mungkin tidak dimakan.

8. Belilah alat pembuat salad

Sayuran hijau akan bertahan hampir sepanjang minggu, dan kamu tidak perlu khawatir akan layu atau kecoklatan sebelum bisa mengolah semuanya. Jadi kalu kamu sedang terburu-buru, bisa membuat salad sayur dengan praktis dan cepat menggunakan alat.

9. Masak besar setiap akhir pekan

Walaupun membutuhkan waktu yang mungkin sedikit lebih lama dari biasanya, memasak sesuatu dalam jumlah cukup besar dapat memudahkan untuk tidak memasak sesuatu lagi di malam hari. Kamu hanya perlu memanaskannya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini