Jangan Stres Alami Masalah Kulit Kombinasi, Atasi dengan Cara Ini

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Senin 08 Maret 2021 12:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 08 481 2373933 jangan-stres-alami-masalah-kulit-kombinasi-atasi-dengan-cara-ini-fL6zQOqLya.jpg Ilustrasi mengatasi masalah kulit kombinasi di wajah. (Foto: Pressfoto/Freepik)

MASALAH kulit kombinasi ternyata dialami banyak orang. Ini merupakan kondisi ketika kulit kering, berminyak, atau bahkan berjerawat. Masalah kulit kombinasi seperti itu membutuhkan rangkaian produk dan bahan yang berbeda-beda untuk mengatasinya.

Sebut saja untuk masalah kulit kombinasi yang biasanya berminyak di zona T pada wajah. Cara mengatasinya harus lebih teliti dan tidak terburu-buru.

Baca juga: 4 Manfaat Teh Hijau untuk Cantiknya Kulitmu 

Mungkin memang tidak selalu mudah mengobatinya, tetapi jangan mudah terpancing menggunakan produk berdasarkan rekomendasi orang lain. Ini dikarenakan mungkin saja produk itu cocok bagi dia, tapi tidak untuk Anda.

Maka itu, Anda bisa mencoba melakukan hal-hal berikut ini untuk mengatasi masalah kulit kombinasi. Simak penjelasannya, seperti dilansir laman Healthline.

1. Minum air yang cukup

Selain mengaplikasikan produk perawatan wajah, minum air yang cukup juga dapat membantu melembapkan kulit wajah serta menghentikan produksi minyak berlebih.

Kulit wajah. (Foto: Senivpetro/Freepik)

2. Jangan takut mix and match

Menurut Tanya Kormeili MD, dokter kulit bersertifikat di Santa Monica, California, Amerikat, Anda harus menilai kulit setiap hari dan ubah rutinitas agar sesuai. Misalnya jika sedang mengalami kulit yang teriritasi, kurangi perawatan kulit yang mengeringkan dan gunakan lebih banyak pelembab. Anda juga bisa menggunakan perawatan tertentu sekali dalam seminggu, atau bergantian menggunakan serum berbeda.

3. Simpan bahan penyerap minyak dan hasil matte

Untuk mengurangi sifat berminyak yang berlebihan, sebaiknya gunakan produk perawatan kulit yang menyerap minyak dan membuat kulit menjadi matte. Tapi hati-hati, produk ini dapat mengiritasi area kering pada wajah. Jadi aplikasikan dengan tepat. Oleskan di area yang dibutuhkan saja.

Baca juga: Beautypedia, Apa Itu Retinol Hidrogenasi Aktif dan Deep Sea Marine Algae? 

4. Cadangan emolien untuk area kering

Oleskan pula produk pelembap hanya pada area kering. Jika dipalikasikan ke area yang berminyak juga, ini hanya akan membuat area tersebut makin berminyak.

5. Ketahui kapan harus melapisi atau melewati

Beberapa bahan seperti asam alfa hidroksi (AHA) dan asam beta hidroksi (BHA) dipercaya bisa bermanfaat untuk wajah. Biasanya ini tidak masalah untuk melapisi produk yang kaya akan hidrasi di atas area kering. Sementara untuk kulit sensitif gunakan sedikit saja. Untuk kulit berminyak, pakai bahan yang lebih ringan.

Baca juga: Pentingkah Menggunakan Krim Pelembap Setelah Mencuci Tangan? 

6. Hindari produk dengan wewangian berlebihan atau penyebab iritasi lainnya

Produk apa pun yang mengandung bahan keras seperti wewangian atau alkohol dapat mengiritasi kulit kering dan berminyak. Area yang kering bisa menjadi lebih kering, sementara bagian yang berminyak bisa menghasilkan lebih banyak minyak, akhirnya berpotensi menimbulkan jerawat.

7. Pilihlah produk non-komedogenik

Untuk menghindari pembengkakan kulit berminyak dan berjerawat, coba gunakan lotion dan ramuan non-komedogenik. Ini untuk mencegah penyumbatan pori-pori.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini