Cara Kembalikan Indera Penciuman dan Rasa yang Hilang Akibat Covid-19

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 08 Maret 2021 13:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 08 481 2373936 cara-kembalikan-indera-penciuman-dan-rasa-yang-hilang-akibat-covid-19-6rteibbnH5.jpg Ilustrasi covid-19. (Foto: Freepik)

COVID-19 bisa membuat penderitanya kehilangan indera penciuman dan rasa. Hilangnya kemampuan indera ini mungkin butuh waktu lama untuk memulihkannya. Ini juga sesuatu yang sulit diatasi dan bisa membuat stres pasien secara psikologis.

Kesaksian pasien covid-19 mengungkapkan bahkan tidak bisa mencium aroma yang paling biasa sekalipun. Lalu kehilangan nafsu makan. Ini dapat memperlambat pemulihan.

Baca juga: Harus Disimpan di Suhu Dingin, Kenali Ciri Vaksin Covid-19 Sudah Rusak 

Secara alami mendapatkan kembali indera penciuman dan rasa sangat penting. Meskipun tidak ada obat yang terbukti bisa mengatasi gejala ini, beberapa cara dapat membantu mengembalikan indera perasa dan penciuman.

Apa saja cara tersebut? Simak penjelasannya, sebagaimana dilansir laman Times of India.

Covid-19. (Foto: Okezone)

1. Cium minyak esensial

Pelatihan penciuman adalah cara yang ampuh untuk merangsang otak mengendus dan mengembalikan indera penciuman dan pengecap Anda ke jalurnya. Banyak praktisi dan spesialis aromaterapi merekomendasikan pasien covid-19 untuk mencoba pelatihan penciuman.

Caranya dengan mencium empat minyak esensial yang berbeda (minyak mawar, cengkeh, lemon, dan kayu putih) selama 20 sampai 40 detik, masing-masing dua kali atau tiga kali sehari. Meskipun beberapa aromanya tampak terdistorsi, jangan berkecil hati karena hal ini biasa terjadi.

Aroma rutin seperti produk sehari-hari yakni sampo, sabun, bumbu masakan juga dapat diendus selama pemulihan. Meskipun tidak langsung bekerja, hal ini dapat membantu Anda mengembalikan sensasi kehilangan penciuman lebih awal.

Baca juga: Tekanan Darah Tinggi saat Mau Divaksin? Tenang, Lansia Diizinkan Istirahat 30 Menit 

2. Pakai bawang putih

Bawang putih telah muncul sebagai obat antivirus dan peningkat kekebalan selama pandemi. Bawang putih juga mengandung khasiat yang meredakan pembengkakan dan peradangan di sekitar saluran hidung, memudahkan pernapasan, dan pada akhirnya membantu memulihkan indera penciuman serta rasa lebih cepat.

Meskipun bawang putih mungkin tidak terhirup, Anda bisa menyesap ramuan panas dari bawang putih yang dihancurkan dan dicampur air. Jus lemon yang juga merupakan obat anti-flu bisa ditambahkan ke minuman untuk mendapatkan manfaat tambahan.

3. Cium aroma pedas cabai

Bumbu pedas seperti cabai rawit atau bubuk cabai dapat membantu mengembalikan indera penciuman Anda. Meskipun ini bukan pengobatan yang didukung sains, manfaatnya terletak pada kandungan kuat yang ada dalam rempah-capsaicin yang dikatakan efektif "membersihkan" hidung yang tersumbat, mengaktifkan indera, dan meningkatkan fungsi indera penciuman. Ini juga sangat membantu dalam menghilangkan flu.

Pastikan Anda mencampurnya dengan secangkir air atau tambahkan zat pemanis seperti madu sebelum digunakan.

Baca juga: Indonesia Masuk Corona B117, Malaysia Kedatangan Virus B1525 

4. Teteskan minyak jarak

Minyak jarak adalah bahan yang cukup ampuh. Penuh dengan sifat anti-oksidan, anti-inflamasi, telah digunakan oleh orang-orang yang sering menderita gejala nyeri sinusitis dan alergi untuk mengurangi pertumbuhan polip hidung. Ini juga cukup bermanfaat dalam meredakan gejala batuk, pilek, membangun kembali indera penciuman, sampai batas tertentu.

Tergantung pada preferensi Anda, bisa menggunakan minyak jarak secara teratur selama periode pemulihan untuk melihat perbedaannya. Panaskan minyak jarak dan teteskan ke lubang hidung Anda, berlatih menarik napas dalam-dalam. Anda juga bisa menambahkan tetes minyak ke dalam uap secara teratur.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini