Hari Perempuan Sedunia, Ini Beberapa Masalah Kesehatan Wanita yang Sering Dialami

Diana Rafikasari, Jurnalis · Senin 08 Maret 2021 11:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 08 481 2374090 hari-perempuan-sedunia-ini-beberapa-masalah-kesehatan-wanita-yang-sering-dialami-F3nSZXlswQ.jpg Hari Perempuan Sedunia (Foto: Tumblr)

Hari Perempuan Sedunia dirayakan di banyak negara di seluruh dunia pada hari ini, Senin (8/3). Ini adalah hari di mana perempuan diakui atas pencapaian mereka tanpa memandang perpecahan, baik nasional, etnis, bahasa, budaya, ekonomi atau politik.

Hari Perempuan Internasional 2021 mengusung tema Choose To Challenge dengan tagar #ChooseToChallenge. Ungu, hijau dan putih adalah warna-warna Hari Perempuan Sedunia, di mana ungu menandakan keadilan dan martabat, hijau melambangkan harapan, dan putih melambangkan kesucian, yang selama ini menjadi topik kontroversial.

Dalam rangka Hari Perempuan Internasional, berikut beberapa masalah kesehatan paling umum yang mempengaruhi perempuan pada berbagai tahap usia dilansir dari Boldsky.

 wanita muda

Wanita usia 20-an

Dokter menekankan bahwa wanita berusia 20-an harus mendapatkan pemeriksaan kesehatan rutin selama fase ini. Pasalnya, tubuh mengalami perubahan hormonal yang besar. Berikut ini adalah beberapa penyakit yang sering menyerang wanita di usia 20-an.

1. Lupus

Lupus adalah penyakit autoimun yang biasanya menyerang sekitar 1,5 juta orang di Amerika Serikat dan hampir lebih dari 5 juta orang di seluruh dunia. Kebanyakan pasien lupus adalah wanita, dan banyak dari mereka yang masih sangat muda. Untuk itu, wanita berusia 20-an harus rutin melakukan pemeriksaan kesehatan dan mengunjungi dokter

2. Fibromyalgia

Para wanita yang mengidap penyakit jenis ini merasakan sakit yang luar biasa pada otot dan persendian mereka dan mudah lelah dengan tugas sehari-hari. Bahkan aktivitas sederhana, seperti mengendarai mobil atau menyusuri jalan setapak, dapat menyebabkan rasa sakit. Sementara banyak orang berpikir bahwa penyakit ini biasanya terjadi pada orangtua, tetapi untuk perubahan, seseorang dapat mengamati penyakit ini sering pada wanita di usia 20

3. Jerawat

Meskipun bukan penyakit, jerawat diistilahkan sebagai kondisi medis. Orang mungkin berpikir bahwa jerawat dan kulit berminyak adalah remaja biasa, tetapi tidak semua orang dapat mengatasi efek ini. Faktanya, jerawat mungkin pertama kali berkembang pada beberapa orang dewasa ketika mereka telah melewati usia 20-an. Ini terutama berlaku untuk wanita

Wanita usia 30-an

Merawat kesehatan di usia 30-an dengan baik sangatlah penting agar tidak bergumul dengan penyakit. Berikut beberapa peringatan kesehatan teratas yang harus diperhatikan oleh setiap wanita yang memasuki usia 30-an.

1. Benjolan pada payudara atau perubahan tekstur kulit payudara

Meskipun kanker payudara dapat terjadi pada semua usia, namun lebih sering terjadi pada wanita paruh baya. Risiko kanker payudara meningkat seiring bertambahnya usia. Waspadai segala bentuk perubahan pada payudara. Adanya benjolan atau perubahan tiba-tiba pada tekstur payudara, bersama dengan perubahan pada puting, dapat mengindikasikan kanker payudara.

2. Endometriosis

Endometriosis adalah kelainan ginekologi yang menyakitkan yang menyerang antara 6 dan 10% wanita. Ini terjadi ketika jaringan endometrium tumbuh di luar rahim. Endometriosis mempengaruhi ovarium, saluran tuba, kelenjar getah bening, dan peritoneum. Endometriosis dapat terjadi pada wanita mana pun, tetapi lebih sering pada wanita berusia 30-an dan 40-an.

3. Tekanan darah tinggi

Kelebihan berat badan, mengonsumsi pil KB, atau terapi hormon adalah alasan mengapa seorang wanita bisa mengalami tekanan darah tinggi. Beberapa pil diet dan antidepresan juga dapat menyebabkan masalah tekanan darah tinggi. Seorang wanita dengan riwayat tekanan darah tinggi juga dapat menghadapi komplikasi selama kehamilan dan, oleh karena itu, memerlukan pemantauan ketat. Asupan garam yang berlebihan setelah usia 30 tahun juga dikaitkan dengan peningkatan tekanan darah

Wanita usia 40-an ke atas

Begitu Anda mencapai usia 40-an, risiko kesehatan berubah seiring waktu. Masalah kesehatan yang Anda alami pada usia 20 mungkin belum tentu menjadi perhatian pada usia 40. Namun, berikut adalah beberapa masalah kesehatan paling umum yang dapat dihadapi wanita selama usia 40-an dan setelahnya.

1. Penyakit jantung

Menurut penelitian, wanita memiliki risiko kematian akibat penyakit jantung yang jauh lebih tinggi. Kebiasaan makan yang tidak sehat, gaya hidup yang sangat sibuk, merokok, diabetes adalah bahaya utama yang meningkatkan risiko penyakit jantung. Bahkan gejala serangan jantung atau stroke berbeda pada wanita. Berbeda dengan nyeri dada pada pria saat serangan, wanita tidak merasakan nyeri dada yang tepat. Namun, mereka merasa sangat lemah, mengalami sesak napas, muntah, nyeri lengan yang dapat disalahartikan sebagai tanda flu atau nyeri tubuh yang normal.

2. Kanker payudara

Risiko seorang wanita terkena kanker payudara meningkat antara 30 dan 40 tahun. Pada usia 30, kemungkinan seorang wanita terkena kanker payudara secara signifikan lebih rendah daripada pada usia 40. Oleh karena itu, perlu menjalani pemeriksaan payudara secara teratur, mammogram tahunan untuk mengurangi kemungkinan terkena kanker payudara dan dapat membantu perawatan dini jika itu terjadi.

3. Diabetes

Wanita berusia 40-an ke atas berisiko lebih tinggi terkena diabetes. Diabetes adalah penyebab kematian nomor enam pada wanita berusia 45 hingga 54 tahun. Studi menunjukkan bahwa diet sehat dan olahraga teratur dapat membantu membalikkan efek pradiabetes.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini