Terungkap, Konsumsi 5 Porsi Sayuran dan Buah Setiap Hari Turunkan Risiko Kanker

Antara, Jurnalis · Senin 08 Maret 2021 15:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 08 481 2374279 terungkap-konsumsi-5-porsi-sayuran-dan-buah-setiap-hari-turunkan-risiko-kanker-blFGn9EA2X.jpg Ilustrasi syuran dan buah. (Foto: Marijana1/Pixabay)

SEBUAH penelitian mengungkap bahwa risiko penyakit kanker ternyata bisa diturunkan dengan mengonsumsi lima porsi sayuran dan buah setiap hari. Rinciannya, tiga porsi sayuran dan dua porsi buah. Lalu gangguan kesehatan lainnya juga dapat dicegah, di antaranya penyakit kardiovaskular dan pernapasan.

Sebagaimana dilansir laman Insider, penelitian ini dilakukan para ilmuwan dari Brigham and Women's Hospital serta Harvard Medical School.

Baca juga: Bukan Pengobatan, Turunkan Angka Kejadian Kanker Melalui Deteksi Dini 

Satu hal yang perlu diperhatikan dalam penelitian ini yakni tidak semua buah dan sayur memberikan khasiat yang sama. Para ilmuwan melihat kumpulan data yaitu penelitian dengan lebih dari 100.000 orang dan yang lainnya termasuk 26 penelitian yang melibatkan hampir 2 juta orang.

Ilustrasi kanker. (Foto: Rawpixel/Freepik)

Mereka menemukan sayuran berdaun hijau seperti kangkung, buah jeruk, beri memiliki lebih banyak manfaat kesehatan dibandingkan sayuran bertepung.

Baca juga: Studi: Bawang Putih dan Jahe Bisa Mengurangi Risiko Kanker 

Sementara kacang polong, jagung, jus buah, dan kentang tidak menurunkan risiko kematian akibat penyakit. Kacang polong serta jagung bisa kehilangan nilai gizinya, misalnya bila diproses secara pengalengan.

"Anda mungkin ingin mempertimbangkan memetik buah dan sayuran yang lebih sehat," ucap dr Dong Wang dari Fakultas Kedokteran Harvard Medical School serta Brigham and Women's Hospital, seperti dikutip dari Antara.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menjelaskan, terlepas dari manfaat kesehatan yang didapat dengan makan buah dan sayuran, hanya 1 dari 10 orang dewasa yang makan jumlah porsi sesuai rekomendasi.

Baca juga: Jalani Kemoterapi, Pasien Kanker Disarankan Konsumsi Makanan Tinggi Kalori & Protein 

Itu sebabnya, pakar kardiologi di NYU Langone Health dr Sean Heffron mengatakan konsumsi dalam jumlah porsi optimal tidak sepenting makan lebih banyak buah dan sayuran pada umumnya.

"Kebanyakan orang tidak makan hampir lima porsi buah dan sayuran sehari," jelas dia yang merekomendasikan orang-orang makan banyak sayuran hijau cerah dan beragam buah-buahan setiap hari.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini