Menkes Budi Ungkap Kapan Indonesia Bisa Capai Herd Immunity

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 08 Maret 2021 18:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 08 481 2374424 menkes-budi-ungkap-kapan-indonesia-bisa-capai-herd-immunity-dmdy033Fo8.png Menkes Budi Gunadi Sadikin. (Foto: Tangkapan layar YouTube Sekretariat Negara)

PEMERINTAH Indonesia telah memulai program vaksinasi covid-19 sejak 13 Januari 2021. Program penyuntikan vaksin secara massal ini adalah salah satu upaya pemerintah menciptakan kekebalan kelompok atau herd immunity untuk memutus mata rantai penularan virus corona.

Vaksinasi covid-19 pertama dikhususkan bagi kelompok prioritas seperti tenaga kesehatan, disusul pekerja layanan publik dan kalangan lanjut usia (lansia). Meski demikian, banyak masyarakat yang penasaran, kapan herd immunity bisa dicapai Indonesia?

Baca juga: PPKM Mikro Diperpanjang, Menkes Budi Beberkan 3 Strategi Baru Atasi Covid-19 

Dalam konferensi pers perpanjangan PPKM Mikro yang disiarkan langsung melalui kanal YouTube @PerekonomianRI, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menjelaskan bahwa saat ini pemerintah sedang mengejar upaya percepatan vaksinasi covid-19. Sementara target keberhasilan tersebut juga berbanding lurus dengan ketersediaan vaksin.

Ilustrasi herd immunity. (Foto: Arif Julianto/Okezone)

"Memang diharapkan kita bisa mengejar 70 persen dari populasi, dan ini tergantung ketersediaan vaksin yang saat ini baru terpenuhi sampai Maret 2022," ungkap Menkes Budi dalam keterangannya.

Baca juga: Menkes Budi Ungkap Tambahan 4 Kasus Baru Terinfeksi Virus Corona B117 

Oleh karena itu, lanjut dia, Kementerian Kesehatan pun melakukan inisiatif baru dalam upaya mempercepat vaksinasi covid-19 bagi seluruh masyarakat Indonesia. Salah satunya melalui mekanisme Vaksinasi Gotong Royong yang bisa dilakukan oleh organisasi maupun instansi tertentu.

"Kalau ini (Vaksinasi Gotong Royong) bisa dilakukan, maka bisa mempercepat dan mengambil porsi dari vaksin gratis maka bisa mengurangi porsi yang di-deliver di awal 2022, sehingga herd immunity bisa tercapai lebih cepat di 2021," tuntasnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini