Kondisi Terkini 4 Pasien Corona B117 yang Baru Ditemukan Kemenkes

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 08 Maret 2021 18:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 08 481 2374437 kondisi-terkini-4-pasien-corona-b117-yang-baru-ditemukan-kemenkes-bfog8QCqFA.jpg Ilustrasi (Foto : Freepik)

Kementerian Kesehatan - Kemenkes berhasil menemukan 4 kasus mutasi Corona B117 baru. Sehingga, total kasus Corona B117 di Indonesia kini berjumlah 6 kasus.

Keempat kasus tersebut ada di empat provinsi yang berbeda, yaitu Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan.

"4 Kasus B117 yang baru ditemukan ini merupakan hasil dari pemeriksaan hold genom sequencing yang dilakukan balitbangkes bekerja sama dengan 16 laboratorium yang ada di seluruh Indonesia," kata Jubir Vaksinasi Covid-19, Siti Nadia Tarmizi, dalam siaran daring, Senin (8/3/2021).

Terkait dengan kondisi keempat pasien B117 tersebut, Nadia menjelaskan, mereka melaporkan gejala awal bersifat ringan dan sedang. Karena gejala tersebut, mereka hanya melakukan isolasi mandiri namun ada juga yang dirawat di rumah sakit dengan kondisi ringan-sedang.

Covid-19

Sayangnya, Nadia tidak menjelaskan secara detail gejala apa yang membuat pasien Corona B117 harus dirawat di rumah sakit. Soal berapa jumlah pasien yang dirawat pun tidak dijelaskan Nadia.

Baca Juga : Mutasi Corona B117 di Depan Mata, Vaksin yang Ada Sekarang Efektif?

Baca Juga : Bukan Cuma 2 Orang, Penderita Virus Corona B117 Sudah 6 Orang

Pelacakan kasus pun sudah dilakukan. Didapati hasil bahwa tidak ada keluarga dari pasien B117 yang dinyatakan terkonfirmasi Covid-19. "Sampel keempat pasien tersebut pun kini sedang diamati di laboratorium untuk mendapatkan fakta lainnya," tambah Nadia.

Dia pun mengimbau kepada masyarakat agar terus disiplin menjalankan protokol kesehatan, termasuk di dalamnya mencuci tangan dengan sabun, menggunakan masker, menjaga jarak. Tidak hanya itu membatasi mobilitas dan menghindari kerumunan harus dilakukan.

Vaksinasi juga menjadi upaya lain yang harus dilakukan agar pandemi Covid-19 bisa segera diatasi. "Vaksin yang ada sekarang dijamin efektif untuk melawan varian mutasi Covid-19 termasuk B117. Jadi, jangan khawatir mengenai vaksin yang sekarang sedang diberikan ke masyarakat," ujarnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini