Mau Dapat Vaksin? Cek 5 Tanda Lansia Masuk Kriteria Rapuh

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 08 Maret 2021 13:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 08 612 2374196 mau-dapat-vaksin-cek-5-tanda-lansia-masuk-kriteria-rapuh-MoHjrH7xyD.jpg Ilustrasi Vaksin Covid-19. (Foto: Freepik)

KELOMPOK lanjut usia (Lansia) memang masuk dalam daftar masyarakat yang rentan terpapar Covid-19. Oleh sebab itu lansia menjadi salah satu kelompok prioritas yang harus dilindungi dengan vaksin Covid-19 selama masa pandemi.

Meski demikian, tidak semua lansia layak untuk mendapatkan vaksin. Vaksinasi Covid-19 bisa diberikan tergantung pada kondisi fisik setiap lansia penerimanya. Hal ini untuk mencegah timbulnya bahaya kesehatan akibat efek samping yang ditimbulkan pasca vaksinasi.

Merangkum dari Instagram Dokter Relawan Covid-19, dr. Muhamad Fajri Adda’i @dr.fajriaddai, Senin (8/3/2021), berdasarkan surat yang diterbitkan Pengurus Besar Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia, terdapat beberapa kriteria lansia yang layak untuk divaksinasi.

“Untuk populasi lansia, kelayakan vaksinasi Covid-19 tetap ditentukan oleh kriteria frailty atau rapuh. Jika nilai rapuh >2, maka individu tersebut belum layak untuk vaksinasi,” tulis unggahan tersebut.

Jika ragu dengan nilai dari individu lansia tersebut, maka dapat dikonsultasikan ke dokter ahli di bidangnya, seperti Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Geriatri (SpPD-KGer) atau spesialis Penyakit Dalam Umum (SpPD) khususnya di lokasi yang tidak memiliki konsultan geriatri.

Berikut kriteria frail atau rapuh pada lansia. Bila mengalami tanda-tanda berikut:

1. Mengalami kesulitan untuk naik 10 anak tangga.

2. Penurunan aktivitas fisik (sering merasa kelelahan).

3. Memiliki empat dari 11 penyakit (hipertensi, diabetes, kanker, penyakit paru kronis, serangan jantung, gagal jantung kongestif, nyeri dada, asma, nyeri sendi, stroke, dan penyakit ginjal).

4. Mengalami kesulitan berjalan kira-kira 100 sampai 200 meter.

5. Penurunan berat badan yang bermakna dalam setahun.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini