Kabar Baik: Tak Perlu Daftar, Lansia Bisa Dapat Vaksin Bermodal KTP

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 08 Maret 2021 17:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 08 612 2374346 kabar-baik-tak-perlu-daftar-lansia-bisa-dapat-vaksin-bermodal-ktp-jlx39gghrm.jpg Ilustrasi Vaksin Covid-19. (Foto: Freepik)

BEBERAPA hari lalu, sempat tersiar kabar bahwa vaksinasi Covid-19 bisa datang tanpa mendaftar. Di aplikasi WhatsApp, beredar pesan berantai bahwa Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan atau (BPPSDMK) memberikan vaksin Covid-19 membawa KTP.

Faktanya, lansia tidak bisa begitu saja mendapatkan vaksin Covid-19 bermodal KTP dan datang ke kantor BPPSDMK. Melansir situs Covid19, setiap orang yang hendak divaksin harus mendaftar lebih dulu secara online melalui http://dki.kemkes.go.id.

Nah, kali ini kembali beredar informasi yang menjelaskan bahwa vaksinasi Covid-19 untuk lansia bisa dengan hanya mengandalkan kartu identitas atau KTP. Kabar tersebut beredar lewat yang memperlihatan pengumuman bahwa calon penerima vaksinasi Covid-19 bisa mendaftarkan diri langsung di tempat penyedia vaksinasi.

Ya, foto tersebut menjelaskan data bahwa RSKD Duren Sawit menyediakan pelayanan vaksinasi Covid-19 untuk lansia dengan kuota vaksin 300 vaksin per hari. Ada syarat yang mesti disanggupi agar calon penerima vaksinasi dapat mendapatkan suntikan vaksin Covid-19.

Syarat pertama adalah berusia 60 tahun atau lebih, memegang KTP DKI Jakarta, pendaftaran pukul 7.00 WIB sampai kuota terpenuhi, pelaksanaan vaksin pukul 8 pagi sampai selesai, dan jika kuota sudah terpenuhi dilanjutkan hari besok.

Mengetahui kabar ini, MNC Portal Indonesia coba mengonfirmasikan ke Kementerian Kesehatan. Dijelaskan Jubir Vaksinasi Covid-19 Siti Nadia Tarmizi, pada kasus RSKD Duren Sawit itu, memang diberlakukan registrasi di tempat langsung.

"Pada kasus itu, ada pengumuman langsung tapi mulai pukul 7.00 WIB sudah harus antre," kata Nadia melalui pesan singkat, Senin (8/3/2021).

Namun, tidak semua tempat siap untuk menerima lansia yang datang tanpa mendaftar. Menurutnya, secara umum untuk pendaftaran penerima vaksinasi Covid-19 kelompok lansia, masyarakat harus mendaftarkan diri ke laman dki.kemenkes.go.id.

"Setelah mendaftar, para lansia diharapkan dapat menunggu pesan notifikasi dari Puskesmas atau RSUD terkait lokasi dan penjadwalan vaksinasi, sebelum berkunjung ke fasilitas kesehatan untuk menghindari kerumunan," terang pernyataan dalam flayer yang diberikan Nadia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini