Doni Monardo Sebut Ketersediaan APD Jadi Masalah di Awal Pandemi

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 09 Maret 2021 11:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 09 481 2374749 doni-monardo-sebut-ketersediaan-apd-jadi-masalah-di-awal-pandemi-6LewBhYRYK.jpg Kepala BNPB sekaligus Ketua Satgas Covid-19 Doni Monardo. (Foto: BNPB)

KEPALA Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) sekaligus Ketua Satgas Covid-19, Doni Monardo, mengatakan tantangan terberat ketika awal pandemi adalah terkait data yang terus bertambah. Kemudian juga dalam ketersediaan alat pelindung diri (APD) bagi tenaga kesehatan.

"Kita tidak tahu berapa APD yang tersedia saat itu. Sehingga setelah Presiden mengeluarkan Perpres 2020, hampir semua rumah sakit tidak punya APD yang cukup," kata Doni di acara 'Evaluasi Satu Tahun Penanganan Covid-19 di Indonesia Perspektif Kebijakan dan Implementasi' yang digelar secara virtual, Selasa (9/3/2021).

Baca juga: Wamenkes Ungkap 2 Tantangan yang Belum Terpecahkan dalam Penanganan Covid-19 

Ia melanjutkan, berkat adanya ekspor APD dan masker. Kemudian didistribusikan kepada tenaga kesehatan di seluruh Indonesia.

Ilustrasi APD. (Foto: Kemenkes)

"Sehingga keluhan-keluhan dari para dokter, tenaga kesehatan yang sudah mulai berguguran meninggal karena tidak memiliki alat perlengkapan yang memadai, akhirnya bisa terpenuhi," terangnya.

Baca juga: Kekurangan Vaksin Covid-19, Menkes Sebut Indonesia Perlambat Vaksinasi 

Kemudian seiring berjalannya waktu, Indonesia pun akhirnya bisa memproduksi sendiri APD. Sehingga, kebutuhan alat keamanan untuk para tenaga kesehatan bisa terpenuhi.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini