Tingkat Fatalitas Kasus Covid-19 Indonesia Masih Tinggi, Melebihi Rekomendasi WHO

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 09 Maret 2021 11:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 09 481 2374780 tingkat-fatalitas-kasus-covid-19-indonesia-masih-tinggi-melebihi-rekomendasi-who-9KYu1421do.jpg Ilustrasi pasien covid-19. (Foto: Shutterstock)

PEMERINTAH Indonesia memiliki permasalahan data selama penanganan covid-19. Tentunya hal ini menjadi salah satu tugas yang harus segera dibenahi dalam upaya memutus mata rantai persebaran virus corona di Tanah Air.

Terkait hal itu, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono menjelaskan bahwa data mengenai covid-19 terbaru sampai 7 Maret 2021 menyebut kasus yang terkonfirmasi sebanyak 6.433 per hari, rata-rata kasus meninggal 157 per hari, dan case fatality rate atau tingkat fatalitas kasus masih sekira 2,71 persen.

Baca juga: Wamenkes Sebut Rasio Tracing Indonesia Masih di Bawah Rekomendasi WHO 

"Angka ini masih lebih tinggi daripada angka rekomendasi WHO yaitu 2,2. Sementara rata-rata jumlah testing per hari 31.850 dan rata-rata positivity rate-nya masih di angka 21,98," terang Wamenkes Dante dalam rakornas yang disiarkan langsung di kanal YouTube BNPB Indonesia, Selasa (9/3/2021).

Ilustrasi covid-19. (Foto: Unsplash)

Menurut dia, hasil tersebut adalah data kumulatif yang dilakukan pada tingkat pusat. Tak hanya itu, tingkat daerah juga memiliki kompilasi data. Pengumpulan data ini dilakukan untuk memberikan ruang dalam melakukan rekonsiliasi di tingkat daerah dan pusat yakni mencocokkan data. Sehingga, pelaporan data menjadi lebih baik.

Baca juga: Doni Monardo Sebut Ketersediaan APD Jadi Masalah di Awal Pandemi 

"Kendalanya adalah ketika daerah melaporkan, maka kasus kejadiannya itu beberapa hari sebelumnya yang dilaporkan ke pusat. Kedua, karena laboratorium yang terbatas untuk melakukan pemeriksaan satu hari jadi, sehingga data yang masuk pada satu kasus bisa menjadi cerminan beberapa hari sebelumnya," tuntas dia.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini