Cerita Doni Monardo Sempat Dilarang Pakai Masker di Awal Pandemi Covid-19

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 09 Maret 2021 12:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 09 481 2374797 cerita-doni-monardo-sempat-dilarang-pakai-masker-di-awal-pandemi-covid-19-Kpg8ireXlU.jpg Kepala BNPB sekaligus Ketua Satgas Covid-19 Doni Monardo. (Foto: BNPB)

KETUA Satgas Covid-19 Doni Monardo menceritakan sempat dilarang memakai masker di masa awal pandemi covid-19 lalu. Ketika itu ia dilarang oleh salah seorang petugas kesehatan internasional.

"Sempat dilarang oleh salah satu petugas kesehatan internasional: 'Pak Doni Anda jangan menggunakan masker. Masker hanya digunakan untuk mereka yang sakit, Anda sehat, Anda jangan pakai masker'," ungkapnya dalam kegiatan 'Evaluasi Satu Tahun Penanganan Covid-19 di Indonesia Perspektif Kebijakan dan Implementasi' yang digelar secara virtual, Selasa (9/3/2021).

Baca juga: Doni Monardo Sebut Ketersediaan APD Jadi Masalah di Awal Pandemi 

Ia menilai larangan menggunakan masker untuk orang yang sehat dikarenakan pada masa awal pandemi covid-19 jumlah masker sangat terbatas.

Masker covid-19. (Foto: User3802032/Freepik)

Ditambah lagi, kebijakan dan peraturan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) kerap berubah-ubah. Hal ini dampak virus corona yang sedang dihadapi tidak terlihat wujudnya. Kemudian banyak negara bimbang, termasuk Indonesia.

Baca juga: Wamenkes Sebut Rasio Tracing Indonesia Masih di Bawah Rekomendasi WHO 

Doni melanjutkan, ketika awal pandemi covid-19, Indonesia sempat kesulitan mendapatkan alat pelindung diri (APD), termasuk masker. Namun seiring berjalannya waktu, keperluan untuk para tenaga kesehatan tersebut akhirnya terpenuhi.

"Kita bisa mendapatkan APD pada saat itu dengan jumlah 230 ribu unit. Atas bantuan dari Panglima TNI yang mengarahkan armada TNI AU untuk mendistribusikan APD ke seluruh Indonesia, tidak butuh waktu lama," pungkasnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini