Kurangi Resiko Penularan Covid-19 saat Makan di Restoran, Jangan Ngobrol!

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 09 Maret 2021 12:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 09 481 2374832 kurangi-resiko-penularan-covid-19-saat-makan-di-restoran-jangan-ngobrol-e8jjcSYZ7n.jpg Makan di restoran (Foto: Go banking rates)

Meski masih di masa pandemi Covid-19, namun sebagian besar masyarakat sudah banyak yang kembali beraktivitas di luar rumah.

Salah satunya pergi makan alias bersantap di restoran bersama keluarga, sahabat, atau pasangan saat libur akhir pekan. Namun patut diingat, bahwasanya kegiatan makan di indoor (dalam ruangan) masuk menjadi salah satu aktivitas beresiko tinggi dalam hal penularan Covid-19.

 makan di restoran

Lalu sebetulnya, jika memang ingin makan di restoran, sebetulnya apa yang harus dilakukan untuk meminimalisir resiko penularan terpapar Covid-19 saat makan bersama? Demi keamanan dan kebersihan, perlukah sampai membawa alat makan sendiri dari rumah?

Well, seperti dijelaskan dokter spesialis paru, Dr. dr. Erlina Burhan, M.Sc. SpP(K) saat makan di restoran pada dasarnya tidak perlu sampai membawa alat makan sendiri dari rumah. Kuncinya adalah bukan di pemakaian alat makan, namun pada etika saat makan di restoran.

Dr. dr. Erlina Burhan, M.Sc. SpP(K) menyebutkan, satu kunci utama untuk meminimalisasi resiko penularan Covid-19 saat makan di restoran yakni dengan tidak mengobrol satu sama lain.

“Tidak perlu bawa alat makan sendiri kalau ke restoran, yang penting dipahami transimisi antar manusia itu kan dari droplet lewat batuk, bersin, dan berbicara. Meminimalisasi penularan saat makan di restoran, ya dengan tidak bicara saat makan. Pas makan itu buka masker, jadi ya hanya makan saja. Selesai makan dipakai lagi maskernya, baru deh boleh ngobrol,” jelas Dr. dr. Erlina Burhan, dalam gelaran ‘Kupas Tuntas Persiapan Menuju Era Post COVID Kalbe Farma’ yang digelar daring pada Selasa (8/3/2021).

Jika mau lebih aman lagi, Dr.dr Erlina menyarankan makan di restoran cukup sendirian jadi langkah yang lebih baik. Jika memang bersama dua sampai tiga orang lainnya, saat di restoran, Dr.dr. Erlina menginstruksikan untuk mengatur posisi duduk agar tidak saling berhadapan satu sama lain.

“Mau proteksi lagi, makan di restoran sendirian saja lebih oke. Kalau bisa satu meja itu sendiri, enggak ada orang lain di depannya. Kalau datang berdua atau bertiga, sebaiknya jangan duduk hadap-hadapan tapi bersisian saja. Jika lebih dari satu orang yang makan di meja yang sama, boleh saja tapi jangan ngobrol. Benar-benar hanya makan saja,” tegasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini