Ini Modal Indonesia Bisa Dapatkan Vaksin Covid-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 09 Maret 2021 15:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 09 481 2374938 ini-modal-indonesia-bisa-dapatkan-vaksin-covid-19-MQrfYllDSX.jpg Vaksin Covid-19 (Foto: Hindustan Times)

Vaksin Covid-19 menjadi salah satu barang yang paling dicari oleh banyak negara di seluruh dunia. Alhasil vaksin menjadi barang langka, sebab terdapat ketidakseimbangan antara supply dan demand.

Sebagaimana diketahui, kemampuan supply dunia dari semua pabrik vaksin, jika dikumpulkan hanya mampu memproduksi 6,5 sampai 7 miliar dosis. Sementara kebutuhan vaksin berdasarkan jumlah penduduk dunia sekira 12-14 miliar dosis.

 Vaksin Covid-19

Sejumlah negara dengan kekuatan ekonomi seperti Amerika Serikat (AS) mampu membeli vaksin di awal untuk vaksinasi rakyatnya. Namun bagaimana dengan Indonesia yang kekuatan ekonominya masih kurang?

CEO Bio Farma Honesti Basyir mengatakan, secara kekuatan ekonomi, Indonesia tidak mampu bersaing dengan beberapa negara seperti Amerika Serikat. Meski demikian, secara kompetensi Indonesia memiliki BUMN yang memang dari dulu mempunyai pengalaman, atau core competency di bidang vaksin.

“Dan inilah yang menjadi salah satu blessing di masa pandemi Covid-19 saat ini. Kita cari informasi dan memang bargaining tawar menawar antara developer vaksin sangat menentukan,” terang Honesti, dalam Rapat Rakornas yang disiarkan live di channel YouTube BNPB Indonesia, Selasa (9/3/2021).

Di satu sisi, Honesti juga menyatakan bahwa tidak banyak juga developer vaksin yang masuk ke list WHO. Bahkan hingga saat ini baru terdapat 11-13 developer. Sementara yang sudah maju ke tahap uji klinis tahap tiga, sekira 7-8 developer, dan telah di approach oleh negara-negara maju seperti AS.

“Kami merasa bisa memanfaatkan apa yang dimiliki saat ini sebagai perusahaan vaksin. Satu-satunya di Indonesia, kita memiliki capacity. Ini menjadi strategi kita untuk melakukan negosiasi dengan pengembang,” tuntasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini