Ini Rahasia Indonesia Bisa Dapatkan Vaksin Covid-19 dalam Jumlah Besar

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 09 Maret 2021 16:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 09 481 2374992 ini-rahasia-indonesia-bisa-dapatkan-vaksin-covid-19-dalam-jumlah-besar-aO0fHtGkmF.jpg Ilustrasi vaksin covid-19. (Foto: Freepik)

KEBERHASILAN pemerintah mendapatkan vaksin covid-19 dalam jumlah besar perlu diberi apresiasi tinggi. Sebab saat ini banyak negara juga mengincar vaksin covid-19 untuk menciptakan kekebalan kelompok atau herd immunity.

Kini terjadi ketidakseimbangan antara supply dan demand terkait vaksin covid-19. Sejumlah produsen vaksin tidak mampu mencukupi kebutuhan permintaan dari berbagai negara.

Baca juga: Vaksin AstraZeneca Tiba, Dokter: Kabar Gembira karena Jadi Punya Pilihan 

Di tengah situasi yang serbasulit ini, CEO Bio Farma Honesti Basyir menyebut Indonesia memanfaatkan kompetensi yang dimiliki BUMN berupa pengalaman atau core competency di bidang vaksin.

Info grafis vaksin covid-19. (Foto: Okezone)

"Banyak pengembang itu hanya memiliki research, tapi mereka tidak memiliki kemampuan di kapabilitas produksi. Inilah dua kepentingan yang coba kita negosiasikan dengan mereka," terang Honesti dalam rakornas yang disiarkan langsung di kanal YouTube BNPB Indonesia, Selasa (9/3/2021).

Baca juga: Bio Farma Jelaskan Penyebab Terbatasnya Pasokan Vaksin Covid-19 di Indonesia 

Ia menyebut Indonesia telah berkomunikasi dengan banyak pengembang vaksin yang tersedia. Namun yang pertama merespons komunikasi adalah Sinovac Biotech asal China. Sebab, platform yang dikembangkan Sinovac sama persis dengan milik Bio Farma.

"Mereka punya produksi, tapi produksi mereka tidak besar. Karena mereka juga harus men-supply banyak negara di belahan dunia. Nah dari strategi ini, kita berjuang dengan Sinovac untuk mendapatkan capacity vaksin yang besar di awal," jelasnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini