Belajar Sambil Dengarkan Musik Tingkatkan Konsentrasi?

Highend, Jurnalis · Selasa 09 Maret 2021 19:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 09 612 2375005 belajar-sambil-dengarkan-musik-tingkatkan-konsentrasi-gU9gU3YvkU.jpg Ilustrasi. (Foto: Highend)

APAKAH Anda tipe orang yang senang bekerja sambil mendengarkan musik? Banyak orang mendegarkan musik kala melakukan aktivitas sehari-hari, bahkan ketika mereka belajar..

Tapi, para peneliti menyebut bahwa mendengarkan musik sambil belajar justru menurunkan hasil kognitif Anda loh. Penelitian mengungkapkan bahwa sebenarnya musik tidak memiliki hubungan langsung untuk meningkatkan kemampuan dan hasil kognitif manusia.

Memang, musik merupakan kegiatan yang disukai oleh banyak orang. Setiap orang memiliki kesukaan terhadap genre musiknya masing-masing. Biasanya, musik dapat didengarkan ketika Anda melakukan kegiatan lain secara bersama-sama.

Walaupun, sebagian orang percaya bahwa musik dapat menjadi “alat bantu” untuk mendukung konsentrasi belajar, nyatanya justru dapat memecah konsentrasi otak.

Mendengarkan Musik

Sebuah penelitian menguji tampilan kognitif manusia yang digambarkan tentang tiga orang yang belajar dengan kualifikasi yang berbeda, yakni satu orang belajar sambil mendengarkan musik pop, satu orang tidak mendengarkan musik sama sekali, dan satu orang mendengarkan musik dengan genre klasik.

Penelitian tersebut membuktikan bahwa orang yang belajar dengan tidak mendengarkan musik sama sekali ternyata menghasilkan kemampuan kognitif yang paling optimal.

Hasil penelitian jelas membuktikan bahwa musik memang tidak berhubungan langsung dengan kemampuan kognitif. Pada dasarnya, musik memang sangat berguna untuk memengaruhi kondisi emosional pendengarnya.

Melalui penelitian tersebut belajar tanpa mendengarkan musik sama sekali akan meningkatkan fokus dan Anda akan mendapatkan hasil kognitif yang optimal karena adanya tingkat konsentrasi yang penuh.

Namun, jika memang Anda perlu untuk mendengarkan musik, Anda dapat menggunakan genre klasik sebagai pilihan untuk menemani Anda belajar. Dengan musik klasik, Anda dapat menciptakan mood yang baik namun tetap menghasilkan kognitif yang optimal. Musik klasik juga dapat membantu Anda untuk meringankan stress.

Berdasarkan hal tersebut, Anda tetap bisa mendengarkan musik sambil belajar, namun Anda perlu memperhatikan genre musiknya. Ada baiknya, musik klasik ataupun instrumen-instrumen ringan dapat menjadi pilihan jika Anda harus mendengarkan musik sambil belajar.

Pasalnya, penelitian membuktikan bahwa saraf-saraf otak menjadi lebih aktif sehingga informasi akan terserap lebih cepat ketika Anda mendengarkan musik klasik.

Ingin tahu lebih lanjut tentang first class Lifestyle, silakan klik HighEnd-Magazine.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini