Cowok Single Kesepian di Tengah Pandemi, Begini Cara Mengatasinya

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Rabu 10 Maret 2021 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 09 612 2375063 cowok-single-kesepian-di-tengah-pandemi-begini-cara-mengatasinya-4J2WvHSeKc.jpg Cowok single kesepian (Foto: Pinterest)

Di tengah pandemi Covid-19 makin banyak cowok single dan cewek single yang merasa kesepian. Apalagi jika mereka bekerja jauh dari keluarganya, baik di luar kota maupun luar negeri.

Namun meski kesepian Anda harus tetap semangat dan menjaga mental Anda agar tetap sehat dan kuat.

 kesepian

Perlu dipahami bahwa salah satu hal yang bikin orang merasa kesepian itu adalah merasa kurang dalam hal support atau dukungan. Jadi, dia itu seperti enggak ada yang menerima di lingkungannya atau menurut perasaannya enggak ada yang menerima.

"Dari situ kemudian orang bisa merasakan kesepian," ungkap Psikolog Klinis Dewasa M. Ari Wibowo beberapa waktu lalu.

Untuk mencegah perasaan kesepian tersebut berbuntut pada masalah gangguan mental yang lebih serius atau bahkan keinginan untuk bunuh diri seperti yang dialami Justin Bieber, Psikolog Ari menjelaskan bahwa ada tiga poin utama yang harus dilakukan.

Poin pertama adalah menjalin koneksi dengan orang lain. "Ya, kontak teman terdekat Anda yang bisa dipercaya. Sekadar ngobrol dengannya bisa mencegah Anda terjerumus masuk ke dalam kesendirian yang lebih kelam," katanya.

Karena itu, ketika Anda lagi merasa kesepian, jangan pernah putus koneksi dengan orang lain yang Anda percaya. Ini bisa menjadi salah satu penguat Anda untuk tidak terjerat dalam masalah depresi.

Psikolog Ari melanjutkan, ketika pikiran Anda lagi kacau, lagi down, pegangan yang bisa dipercayai adalah jangan percaya pada pikiran Anda sendiri. Sebab, pikiran Anda sendiri terkadang jadi musuh!

"Ya, pikiran itu akan datang bertubi-tubi ketika Anda sedang merasa kesepian dan cenderung ke arah pikiran negatif. Makanya, ketika pikiran itu datang, jangan kemudian Anda percayai, apalagi bikin kesimpulan, bahkan jangan ditindaklanjuti," papar Ari.

Tidak hanya itu, mengatasi masalah kesepian yang mengarah ke depresi juga bisa dengan melakukan hobi atau hal yang membuat Anda senang. Kegiatan itu biasa disebut dengan 'pengelolaan stres'.

Praktiknya bisa bermacam-macam, tergantung individunya. Misalnya, ada yang merasa stresnya terkelola dengan baik dengan bersih-bersih rumah, ada juga yang meditasi atau olahraga.

"Dan yang terakhir, Anda bisa datang ke tenaga profesional seperti psikolog atau psikiater," kata Ari.

"Semua harus dijalani, bukan pilih salah satu. Jadi, Anda memang harus mencari teman saat merasa kesepian, lalu melakukan pengelolaan stres sesuai apa yang Anda sukai, dan jika dirasa tak bisa mengendalikan perasaan cemas atau tidak nyaman, ya, datangi tenaga profesional," tambahnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini