Pandemi Covid-19, Presiden Jokowi Masih Suka Pesan Ubi dan Kacang Rebus

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 10 Maret 2021 18:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 10 298 2375725 pandemi-covid-19-presiden-jokowi-masih-suka-pesan-ubi-dan-kacang-rebus-BZLsX4d8vk.jpg Presiden Jokowi. (Foto: Setkab)

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) memang dikenal gemar dengan makanan tradisional Nusantara. Adapun makanan kegemarannya, seperti tempe, ubi hingga kacang rebus.

Bukan hanya untuk keluarganya, Presiden Jokowi pun sering memesan makanan tersebut untuk disajikan sebagai hidangan ke istana. Bahkan, makanan tersebut juga disajikan pada tamu negara.

"Pak Jokowi sering pesan ubi rebus, kacang rebus, tempe dan makanan tradisional lainnya," kata General Manager Bunga Rampai, Rahmat Budiman kepada MNC Portal di Jakarta belum lama ini.

Presiden Jokowi

Rahmat mengatakan, Jokowi lebih menyukai makanan rakyat dan permintaannya tidak pernah macam-macam. Bahkan di masa pandemi pun, pihak istana masih sering mengonsumsi hidangan tersebut.

Kemudian, kata Rahmat, pihaknya mengedepankan protokol kesehatan ketika akan mengirimkan makanan pesanan presiden ke istana negara. "Sebelum mengirimkan makanan pesanan ke istana, kami harus melakukan hasil swab test dan memberikan hasilnya," terangnya.

Sementara itu koki pribadi Presiden Jokowi, Tri Supriharjo seorang koki asal Palur, Ngringo, Karanganyar, Solo ini membeberkan makanan favorit orang nomor satu di Indonesia itu.

Ia mengatakan, Jokowi dikenal menyukai makanan-makanan tradisional ketimbang kudapan kekinian yang digandrungi para milenial. "Jadi, masakan tuh masakan rumahan, seperti sop ayam, sayur bening bayam itu. Kalau tumis, tumis pepaya muda," ujar Tri.

"Mi ketoprak, kalau di sini seperti soto mi, tapi lain, taste-nya lain. Terus soto kuning sekarang kan di Bogor, hampir setiap hari soto kuning," tambahnya.

Ia menyebut tempe dan tahu juga tak pernah absen menemani menu utama. Jokowi diketahui gemar mengonsumsi makanan berbahan dasar kedelai itu dengan sepiring nasi hangat.

Kemudian untuk camilanya, Tri bilang, Jokowi sangat menyukai singkong goreng, jagung rebus, dan lento, makanan dari ketela yang diparut dan diberi kelapa lalu digoreng.

"Sama bakwan jagung atau bakwan sayur. Jusnya di sini saya ganti setiap hari. Kalau pagi melon, sore nanti apel. Saat ini jus kedondong, baru bapak ini," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini