Tomat hingga Teh Hijau Efektif Menghilangkan Komedo di Wajah

Diana Rafikasari, Jurnalis · Rabu 10 Maret 2021 07:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 10 481 2375287 tomat-hingga-teh-hijau-efektif-menghilangkan-komedo-di-wajah-DeuoFtM8ao.jpg Ilustrasi hilangkan komedo di wajah. (Foto: Senivpetro/Freepik)

BANYAK orang mengeluhkan munculnya komedo di wajah. Ini dinilai cukup mengganggu karena memberikan tampilan yang kurang baik dan kadang terasa menyakitkan.

Komedo sendiri timbul akibat pori-pori kulit tersumbat oleh kulit mati dan minyak, kemudian menghasilkan benjolan. Paparan udara membuat benjolan tersebut terlihat hitam.

Baca juga: 3 Bahan Alami Ini Ampuh Usir Komedo Membandel, Yuk Dicoba 

Tapi tenang saja, komedo bisa dihilangkan secara alami dan tanpa rasa sakit. Berikut caranya, seperti dilansir laman Times of India, Rabu (10/3/2021).

1. Tomat

Tomat dapat memberikan keajaiban untuk komedo. Cara memakainya dengan mengoleskan pasta tomat ke area berkomedo sebelum tidur dan membilasnya keesokan paginya. Tomat juga memiliki sifat antibakteri yang mengeringkan komedo. Selain itu, tomat adalah exfoliator yang bagus, dan sifat asamnya membantu mengurai pori-pori.

Tomat. (Foto: Racool Studio/Freepik)

2. Soda kue

Selain melawan jerawat, soda kue juga dapat digunakan untuk melawan bintik-bintik kaku ini. Cara menggunakannya, campur satu sendok makan soda kue dengan dua sendok makan air. Oleskan pasta ini selama 15 hingga 20 menit, lalu bersihkan dengan air hangat. Soda kue adalah eksfoliator alami dan sifat antibakterinya mencegah kemungkinan iritasi serta infeksi.

Baca juga: Beautypedia, Tips Atasi Jerawat dengan Pengobatan Rumahan 

3. Putih telur

Putih telur sangat mudah dan efektif. Campur putih telur dengan satu sendok makan madu. Oleskan campuran tersebut ke wajah dan biarkan benar-benar kering. Cuci bersih dengan air dan kulit bebas komedo. Putih telur membantu mengencangkan pori-pori, folikel rambut yang memproduksi sebum, dan menghilangkan komedo. Sementara madu sangat menutrisi kulit, membuatnya lembut dan kenyal.

4. Bubuk kayu manis

Bubuk kayu manis dapat digunakan untuk mencegah dan sekaligus menghilangkan komedo. Mulailah dengan mencampurkan satu sendok makan bubuk kayu manis dan jus lemon. Bisa juga menambahkan sejumput bubuk kunyit ke dalamnya. Oleskan pasta ini ke wajah selama 10 sampai 15 menit, dan bilas dengan air biasa. Kayu manis membantu mengencangkan pori-pori serta meningkatkan sirkulasi darah. Jus lemon sarat dengan sifat antibakteri yang membantu melawan jerawat dan komedo.

Baca juga: 5 Makanan yang Bikin Hidungmu Bebas Komedo 

5. Teh hijau

Manfaat teh hijau tidak perlu diragukan. Ketika dioleskan ke wajah, antioksidan di dalamnya membantu menghilangkan kotoran serta membersihkan komedo. Cara menggunakannya, campur satu sendok makan daun teh hijau kering dengan air dan membuat pasta kental. Oleskan selama 15 sampai 20 menit di area yang berkomedo dan bilas dengan air hangat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini