PCOS, Sindrom yang Bikin Wanita Sulit Hamil

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 10 Maret 2021 12:53 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 10 481 2375471 pcos-sindrom-yang-bikin-wanita-sulit-hamil-A1wNsvAkmD.jpg Sedih karena susah hamil (Foto: Science News for Student)

Memiliki momongan merupakan salah satu hal yang sering diharapkan oleh pasangan suami istri. Akan tetapi, terkadang si pria atau si wanita mengalami masalah reproduksi sehingga istri sulit hamil.

Banyak kasus di mana pasangan suami istri belum juga dikaruniai seorang anak padahal sudah lama menikah. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi hal tersebut. Akan tetapi, salah satu faktor adalah si wanita menderita PCOS.

 sedih karena sulit hamil

PCOS adalah Polycystic Ovarian Syndrome atau sindrom ovarium polikistik. Gejala PCOS bisa timbul ketika seorang wanita mengalami haid pertama kali saat masa pubertas.

Meski gejala PCOS sering muncul saat remaja, ada juga penderita PCOS yang baru mengalami gejalanya setelah dewasa atau saat periode tertentu, misalnya ketika mengalami kenaikan berat badan secara signifikan.

"PCOS menyebabkan terganggunya proses ovulasi pada wanita. Hal ini bisa ditindaklanjuti dengan pengobatan induksi ovulasi," tutur Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan, dr. Shanty Olivia Febrianti Jasirwan, SpOG melalui diskusi virtual pada Rabu (10/3/2021).

Induksi ovulasi merupakan modalitas terapi infertilitas (gangguan kesuburan) yang menggunakan medikamentosa atau pengobatan untuk menstimulasi ovarium (indung telur) agar melepaskan sel telur (ovulasi).

Pada siklus yang tidak berovulasi, ini bertujuan untuk menyebabkan terjadinya ovulasi (setidaknya didapatkan 1 folikel dominan yang akan melepaskan sel telur yang matang).

Sedangkan pada siklus yang berovulasi, ini bertujuan untuk menstimulasi ovarium agar melepaskan sel telur lebih dari 1 (2-3 sel telur) pada 1 siklus haid sehingga dapat meningkatkan peluang kehamilan.

"Jika murni didapatkan gangguan ovulasi pada perempuan tanpa adanya gangguan lain seperti saluran telur dan sperma, bisa dikombinasikan dengan senggama terjadwal," tukasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini