Sejumlah Vaksin Diuji Lawan Varian Baru Virus Corona, Ini Hasilnya

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 10 Maret 2021 14:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 10 481 2375557 sejumlah-vaksin-diuji-lawan-varian-baru-virus-corona-ini-hasilnya-9pHHa8P3Oz.jpg Ilustrasi vaksin covid-19. (Foto: Freepik)

SEJUMLAH varian baru virus corona ditemukan di tengah pandemi covid-19 yang belum usai ini. Mulai B117 asal Inggris, B1351 asal Afrika Selatan, varian di Amerika, sampai varian baru dari Brasil.

Tentu saja semua ini menimbulkan kecemasan di kalangan masyarakat. Terlebih lagi, sejauh ini studi yang ada menyebutkan varian baru virus corona tersebut lebih menular dibandingkan Sars-CoV-2 sebelumnya.

Baca juga: Tenang, Vaksin yang Digunakan saat Ini Efektif Lawan Mutasi Covid-19 

Salah satu kekhawatiran masyarakat, apakah vaksin covid-19 yang ada saat ini mampu melawan varian baru virus corona tersebut?

Seperti dikatakan Dokter Jeremy Kamil, associate professor mikrobiologi dan imunologi Louisiana State University Health Shreveport, masyarakat tidak perlu panik perihal keefektivitasan vaksin covid-19 yang sudah ada dan digunakan saat ini. Di antaranya Vaksin Sinovac, Pfizer, Moderna, sampai Johnson & Johnson.

Ia mengatakan, seharusnya masyarakat bisa bergembira dengan kehadiran berbagai vaksin covid-19 tersebut.

"Virus ini bukan sesuatu yang tidak terkalahkan. Terlepas dari semua varian (virus) ini, vaksin-vaksin covid-19 bekerja dengan baik. Itu adalah hal yang sangat mengagumkan dan seharusnya masyarakat merayakan hal itu," tegas dr Jeremy, seperti dikutip dari laman NBC News, Rabu (10/3/2021).

Baca juga: Dapat Vaksin Covid-19, Sisca Soewitomo: Enggak Ada Efek Samping Apa-Apa 

Berdasarkan penelitian, vaksin-vaksin tersebut bisa bekerja melawan varian baru virus corona. Penelitian menunjukkan hasil yang menjanjikan.

Untuk 2 dosis Vaksin Moderna dan Pfizer serta 1 dosis Vaksin Johnson & Johnson dikatakan mampu menawarkan perlindungan yang kuat terhadap varian baru virus corona B117 asal Inggris, dan sudah masuk ke Indonesia pada awal bulan ini.

Namun untuk Vaksin Moderna dan Pfizer diketahui kurang memberikan proteksi terhadap virus corona varian Afrika Selatan. Tapi patut dicatat, antibodi penetral dari dua jenis vaksin yang bisa mengikat virus dan menghalangi masuk ke sel ini levelnya tetap ada di atas tingkat perlindungan.

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 Aman bagi Lansia, Tidak Ditemukan KIPI Berat 

Lalu untuk virus corona varian Brasil, menurut studi laboratorium yang dipublikasikan pada 8 Maret di New England Journal of Medicine, Vaksin Pfizer-BioNTech dikatakan mampu memberikan perlindungan yang kuat. Studi sendiri digelar menggunakan sampel darah dari orang-orang yang sudah disuntik vaksin.

Sementara 1 dosis Vaksin Johnson & Johnson dengan Janssen Pharmaceuticals diketahui punya tingkat efikasi 64 persen melawan virus corona B1351 asal Afrika Selatan dan terbukti 66 persen efektif melawan varian yang pertama kali dilaporkan di Brasil. Dalam uji coba, vaksin ini disebutkan sukses mencegah hingga 100 persen angka rawat inap dan kematian terkait covid-19.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini