Pentingnya Vaksinasi HPV Sebelum Menikah, Cegah Kanker Serviks

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 10 Maret 2021 18:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 10 481 2375780 pentingnya-vaksinasi-hpv-sebelum-menikah-cegah-kanker-serviks-eKv3k4DQIr.jpg Pentingnya vaksinasi HPV sebelum menikah (Foto: Today Show)

Memperingati Hari Perempuan dan Kesadaran HPV Sedunia, Koalisi Cegah Kanker Serviks (KICKS) bersama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN), mengingatkan tentang pentingnya pencegahan kanker serviks, yakni dengan cara vaksinasi HPV.

Dokter Spesialis Obsteri dan Ginekologi Rumah Sakit Brawijaya, dr Diana Mauria Ratna Asih, Sp. OG mengatakan, berdasarkan Center for Disease Control (CDC) Amerika Serikat, 8 dari 10 orang akan terinfeksi HPV dalam masa hidupnya.

 Vaksinasi HPV

"Oleh karena itu vaksinasi HPV direkomendasikan sebagai upaya pencegahan primer. Vaksin HPV dapat diberikan kepada wanita dan pria, serta para pasangan yang memiliki rencana untuk membangun keluarga yang sehat karena infeksi HPV juga berisiko untuk kesehatan janin," katanya dalam webinar Vaksinasi HPV Sebelum Menikah: Protected Together, Rabu (10/3/21).

Ia menambahkan, rekomendasi vaksinasi HPV juga sejalan dengan strategi global WHO, yakni untuk mencakup hingga 90 persen vaksinasi HPV, 70 persen cakupan skrining, dan 90 persen akses ke perawatan terkait di semua negara.

Selain itu, vaksinasi HPV tidak hanya mencegah bahaya kanker serviks, tetapi juga penyakit terkait HPV lainnya, seperti beberapa penyakit kulit dan kelamin pada pria.

Kemudian, jenis kanker ini merupakan penyakit yang membahayakan kedua di dunia atau silent killer. Sebab biasanya kanker ini gejalanya tidak disadari si penderita, dan butuh waktu lama menunjukkannya.

Vaksinasi HPV sebelum menikah sangatlah dianjurkan. Hal ini juga sebagai upaya, mencegah terjadinya kanker serviks.

"Bahkan dapat lebih dari sepuluh tahun untuk berkembang menjadi kanker serviks. Seringnya kanker serviks terdeteksi pada perempuan usia produktif, di mana perannya masih sangat dibutuhkan dalam keluarga,” terangnya.

Sementara itu Ketua Umum CISC dan Penggagas KICKS, Aryanthi Baramuli Putri menambahkan, melakukan edukasi berkelanjutan terhadap masyarakat luas untuk melakukan pencegahan kanker serviks dan deteksi dini sangat penting.

Lalu melakukan vaksinasi HPV juga tak kalah penting, karena virus ini dapat dicegah. Vaksin HPV merupakan investasi kesehatan sebagai langkah perlindungan utama khususnya bagi perempuan dari berbagai macam penyakit di masa depan yang diakibatkan virus HPV.

"Penting bagi semua pemangku kepentingan untuk bekerja sama secara berkesinambungan dalam upaya promotif, preventif, diagnosis, kuratif, rehabilitatif, dan paliatif untuk penanggulangan kanker yang lebih baik," pungkasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini