Tips Jaga Kesehatan Ginjal, Terapkan 8 Golden Rule

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 10 Maret 2021 19:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 10 481 2375790 tips-jaga-kesehatan-ginjal-terapkan-8-golden-rule-bjaDi3dY1b.jpg Ilustrasi (Foto : Medicalnewstoday)

Banyak orang masih kurang memperhatikan dengan baik kesehatan ginjal. Padahal, sebagai organ tubuh, ginjal sama-sama punya peran vital tak berbeda dengan jantung dan hati.

Berfungsi utama sebagai organ pembersih darah, ginjal bekerja mengeluarkan limbah (sisa-sisa) metabolisme tubuh, seperti ureum, kreatinin, dan masih banyak lagi yang lainnya. Selain itu, tiap sekitar 100-125 ml per menit darah masuk ke ginjal untuk dibersihkan.

Tak hanya mengeluarkan limbah tubuh dan membersihkan darah, ginjal juga lah yang bekerja untuk mengatur keseimbangan cairan tubuh dan elektrolit darah yang mana seluruh peristiwa ini terjadi terus menerus tanpa berhenti.

Olahraga

Mengingat betapa krusialnya peran ginjal dalam tubuh, menjaga kesehatan ginjal agar jangan sampai terserang penyakit ginjal kronik (PGK) sederet usaha harus dilakukan. Agar ginjal tetap sehat dan berfungsi baik, seperti dr. Aida Lydia, Ph.D., Sp.PD-KGH, spesialis penyakit dalam menyebutkan, tak cukup hanya mengatur asupan makanan gizi seimbang tapi juga harus melakukan aktivitas fisik membuat tubuh bergerak secara teratur.

“Kita tahu kalau kita melakukan aktivitas fisik secara teratur, contohnya olahraga teratur tentunya aliran darah jadi lancar dan kalori tubuh terbuang. Ini bisa menghindari kelebihan berat badan, kalau ada obesitas nah itu salah satu faktor terjadinya penyakit ginjal dan juga jantung,” kata dr. Aida yang juga merupakan ketua Perhimpunan Nefrologi Indonesia, Rabu (10/3/2021) dalam konferensi pers daring.

Baca Juga : Hari Ginjal Sedunia, Ini 5 Fakta Mengejutkan yang Terjadi di Indonesia

Dalam menjaga kesehatan ginjal, dr. Aida menyebutkan lebih lanjut sebetulnya masyarakat bisa menerapkan 8 golden rule. Yakni menjaga aktivitas fisik, mengontrol gula darah, mengontrol tekanan darah, mengonsumsi makanan sehat dan gizi seimbang, menjaga asupan cairan dengan rutin minum air mineral, tidak mengonsumsi obat anti nyeri berlebihan, mengenali faktor resiko sakit ginjal dan tidak lupa melakukan pengecekan fungsi ginjal.

“Kalau soal gizi yang baik itu artinya seimbang, gizi yang dibutuhkan tubuh seimbang. Karbohidratnya, lemak, serat, protein itu semua enggak boleh kurang tapi berlebihan juga enggak baik,” tutup dr. Aida.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini