7 Penyebab Mata Panda yang Tak Hanya Karena Kurang Tidur

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 10 Maret 2021 11:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 10 611 2375295 7-penyebab-mata-panda-yang-tak-hanya-karena-kurang-tidur-sjnuy5kioW.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

Mata panda atau lingkaran hitam di bawah mata, akan membuat penampilan nampak tidak segar. Bahkan Anda juga akan terlihat lebih tua, karena adanya warna hitam di area tersebut.

Kemudian kulit wajah lebih tipis dibandingkan bagian tubuh lainnya. Di dalamnya terdapat kapiler, atau ratusan pembuluh darah. Jadi apabila area tersebut terganggu, maka lingkaran hitam akan muncul.

Dilansir dari laman Bollywood Shaadis, berikut ini penyebab mata panda. Di antaranya;

Kelelahan dan Kurang Tidur

Mengantuk

Jika Anda lelah dalam waktu lama dan benar-benar kurang tidur, kulit di bawah mata akan menjadi sangat pucat dan darah di area ini menjadi lebih terlihat, serta nampak gelap.

Usia

Secara umum, kulit di bawah mata itu tipis dan juga halus. Maka dengan bertambahnya usia, kulit di area tersebut cenderung menipis, membuat pembuluh darah menonjol sehingga menimbulkan lingkaran hitam.

Baca Juga : 5 Potret Cantik Channella Leslie, Anak Tiri Cut Tari yang Menawan

Baca Juga : 5 Gaya Wulan Guritno Pakai Bikini Bikin Gagal Fokus, Cantiknya Awet!

Keturunan

Mata Panda

Genetika dan keturunan juga bisa menjadi penyebab kuat di balik lingkaran hitam yang Anda miliki. Inilah salah satu alasan paling disayangkan untuk memilikinya, yang tidak hanya mendominasi area bawah mata tetapi juga merusak penampilan cantik Anda.

Anemia

Periksa jumlah zat besi Anda, jika kekurangan maka bisa menyebabkan area bawah mata menggelap. Tingkat zat besi yang rendah adalah bentuk anemia paling umum. Ini menghasilkan oksigenasi yang buruk di jaringan tubuh, karena suplai darah beroksigen yang rendah.

Solusinya terletak pada pola makan seimbang, serta diperkaya dengan sayuran berdaun hijau, produk susu dan segala jenis buah-buahan.

Kekurangan Nutrisi

Gizi yang buruk juga dapat menyebabkan lingkaran hitam di bawah mata. Untuk mengatasi masalah ini, cobalah mengonsumsi vitamin seperti A, C, K, dan E, serta nutrisi lainnya ke dalam makanan Anda.

Merokok dan Minum Alkohol

Berhenti Merokok

Lingkaran hitam di bawah mata Anda, juga bisa disebabkan oleh kebiasaan minum dan merokok karena menyebabkan hilangnya air dari tubuh.

Dehidrasi juga merupakan salah satu faktor kunci di balik gelap di bawah mata. Ketika tubuh kekurangan air, gejalanya sering terlihat di area di bawah mata.

Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari yang berlebihan, pigmentasi pada permukaan kulit berkembang dan dapat membentuk lingkaran hitam di bawah mata.

Terpapar sinar matahari dalam waktu lama menghasilkan melanin dalam jumlah tinggi di sekitar mata daripada biasanya, sehingga menyebabkan warna gelap.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini