Tinggal Sendirian saat Pandemi Berisiko Kecanduan Alkohol, Kok Bisa?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 10 Maret 2021 13:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 10 612 2375490 tinggal-sendirian-saat-pandemi-berisiko-kecanduan-alkohol-kok-bisa-gwBH9hpZRu.jpg Terlalu banyak minum alkohol (Foto: Eat this not that)

Ada risiko perlu dikhawatirkan bagi Anda yang tinggal sendirian selama pandemi Covid-19. Adalah kecanduan alkohol dan ini bisa dialami oleh siapapun.

Menurut Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa Dr dr Kristiana Siste, SpKJ(K), kondisi sendirian di masa pandemi membuat seseorang tidak memiliki 'tempat' untuk mencurahkan emosinya. Alhasil, alkohol dianggap menjadi jawaban untuk masalah tersebut.

 minum alkohol

"Bagi mereka yang tinggal sendirian di masa pandemi, mereka tidak bisa mengutarakan ekspresi kepada orang di sekitarnya. Meski ada medium telepon atau media sosial, tapi itu tidak cukup membantu," terang dr Siste dalam Webinar 'Waspada Bahaya Minuman Beralkohol' yang diselenggarakan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Rabu (10/3/2021).

Kondisi akan sangat berbeda ketika seseorang bertatapan langsung dengan orang lain, melihat langsung, mendapatkan perhatian, mendukung, dan mendapatkan rasa kasih sayang secara tatap muka.

"Mereka yang tinggal sendirian semacam kehilangan support system-nya. Akibatnya, mereka berisiko tinggi mengosumsi alkohol untuk meredakan masalah kesepian yang dialami. Jadi, alkohol ini semacam pelampiasan untuk mengobati diri sendiri," tambah dr Siste.

Dia menambahkan, terlebih akses untuk mendapatkan alkohol saat ini begitu mudah. Bahkan, remaja saja sudah banyak yang mengaksesnya tanpa harus memperlihatkan kartu identitasnya ke petugas penjual minuman beralkohol.

"Karena kemudahan akses mendapatkan minuman beralkohol, ini juga yang membuat mereka yang sendirian di masa pandemi berisiko tinggi kecanduan karena dia bisa beli minuman itu dengan cukup mudah," ujar dr Siste.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini