Waduh, Banyak Remaja Minum Alkohol karena Dipaksa Teman

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 10 Maret 2021 14:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 10 612 2375566 waduh-banyak-remaja-minum-alkohol-karena-dipaksa-teman-VMQhZClHWF.jpg Kecanduan alkohol (Foto: BBC)

Remaja memiliki karakteristik tersendiri dalam proses tumbuh kembang. Salah satu yang sangat khas adalah senang menjajal hal-hal baru.

Karena sifat tersebut, Guru Besar Kedokteran Anak FKUI Prof Dr dr Rini Sekartini, SpA(K), mengatakan bahwa remaja itu lebih mau mendengarkan teman sebayanya dibanding orangtua.

 webinar soal alkohol

"Power teman sebaya lebih besar dari orangtua. Karena itu, lingkungan memegang peran penting dalam hal tumbuh kembang anak remaja," katanya dalam Webinar, Rabu (10/3/2021).

Dari banyaknya kekhawatiran yang ada, remaja kecanduan alkohol menjadi ancaman serius semua orangtua saat ini. Sebab, menurut data survei yang dilakukan Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa Dr dr Kristiana Siste, SpKJ(K), pada 2019, sebanyak 108 dari 199 remaja yang disurvei mengetahui alkohol.

Ada beberapa alasan yang membuat para remaja ini mengetahui atau bahkan menjajal alkohol, salah satunya adalah dipaksa teman.

"Secara detail, alasan paling banyak remaja mengonsumsi alkohol atau NAPZA lain adalah mengurangi stres (138), konflik keluarga (125), dan dipaksa teman (105). Itu tiga alasan tertingginya," kata dr Siste di acara yang sama.

Selain tiga alasan tersebut, diketahui juga bahwa ada alasan lain seperti masalah dengan orangtua (92), akses yang mudah untuk mendapatkan alkohol (89), kurang pengetahun (87), pengaruh media (69), riwayat keluarga dengan penyalahgunaan zat (67), diberikan orangtua (45), dan alasan banyak uang (32).

Dari survei tersebut juga diketahui bahwa alasan para remaja ini sulit berhenti menggunakan NAPZA termasuk di dalamnya alkohol adalah karena akses mudah. Ya, faktanya minuman beralkohol mudah sekali didapatkan remaja tanpa mereka harus menunjukkan KTP.

"Bahkan, beberapa remaja mengatakan alkohol yang dijual murah sehingga tidak ada kesulitan untuk mereka untuk sulit membelinya," papar dr Siste.

Dokter Siste pun mencatat ada beberapa alasan mengapa alkohol menarik bagi para remaja, apa saja?

 

1. Iklan

Peningkatan eksposur dan intensitas iklan alkohol pada pemuda terutama secara daring. Siswa SD-SMP dapat terekspos iklan alkohol 2-4 kali per hari.

2. Varian

Industri mendesain produk spesifik terhadap target pasar, contoh alkohol berperisa untuk populasi perempuan yang dikenal sebagai alcopops.

3. Aksesabilitas

Kurang ketatnya regulasi pembelian alkohol terutama secara daring melalui marketplace.

4. Oplosan

Edukasi yang kurang baik membuat oplosan jadi pencarian alternatif yang masih banyak dipilih. Oplosan diketahui menjadi jenis tertinggi dan meningkatkan 'alcohol-related harm' di Indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini