Semakin Tua Usia Pernikahan, Peluang Hamil Semakin Sulit?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 10 Maret 2021 16:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 10 612 2375618 semakin-tua-usia-pernikahan-peluang-hamil-semakin-sulit-RwghaFhWNq.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SALAH satu tujuan dari menikah adalah untuk memiliki keturunan bersama dengan orang yang kita pilih. Sayangnya, sebelum mencapai tujuan tersebut, kita harus melalui banyak hal.

Pertama, kita harus mencari pasangan yang sesuai dengan kemauan kita. Bagi beberapa orang mungkin mudah, tapi banyak juga yang belum menemukan orang yang tepat. Selain itu, merencanakan kehamilan juga menjadi tantangan lainnya.

Menurut data yang dibeberkan oleh Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan, dr. Shanty Olivia Febrianti Jasirwan, SpOG, jika terdapat 10 pasangan yang baru menikah, maka sekitar 7 pasangan akan hamil setelah 6 bulan menikah.

pernikahan

Selanjutnya, 9 pasangan akan hamil secara alami dalam kurun waktu 1 tahun pernikahan. Sementara 1 pasangan lainnya diduga mengalami infertilitas atau gangguan kesuburan. Kasus ini mencapai 10-15%.

Sedangkan fekundabilitas (peluang kehamilan per siklus) pada pasangan yang tidak mengalami gangguan kesuburan adalah 20-25%. Ini umumnya terjadi pada pasangan di bawah 35 tahun.

"Peluang pengantin baru untuk hamil dengan kondisi sehat hanya mencapai 25% per bulan. Sedangkan semakin tua usia si perempuan, kemungkinan hamilnya semakin kecil bahkan hingga mendekati 0 persen," tutur dokter Olivia melalui temu virtual pada Rabu (10/3/2021).

Karenanya, semakin tua usia pernikahan, peluang untuk hamil semakin kecil. Di bulan pertama pernikahan, seseorang akan mendapatkan 30% kesempatan untuk hamil. Setelah setahun pernikahan, angkanya pun menurun drastis hingga 0,3% per siklus.

"Mengapa setelah satu tahun menikah peluang hamil turun? Memang belum ada penelitian terkait hal tersebut. Tetapi biasanya memang terjadi masalah. Entah masalah sperma pada lelaki, maupun sel telur pada perempuan," jelas dokter Olivia.

Karenanya, lanjut dokter Olivia, jika pasangan suami istri belum juga hamil dalam waktu satu tahun pernikahan, ada baiknya memeriksakan diri ke dokter kandungan guna mendapatkan perawatan yang tepat.

"Perawatannya pun beragam, mulai dari induksi ovulasi pada perempuan, pemeriksaan kualitas sperma pada pria, hingga program hamil terbantu seperti inseminasi atau bayi tabung," tukasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini