Ajari Anak Disiplin, Kunci Buat Mereka Bahagia

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Kamis 11 Maret 2021 08:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 10 612 2375839 ajari-anak-disiplin-kunci-buat-mereka-bahagia-dnPdTkLnZf.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

BAGI orangtua milenial, mendidik anak yang berbeda generasi tidaklah mudah. Banyak pula orangtua khawatir tidak bisa membahagiakan anaknya.

Karena umumnya orangtua sibuk bekerja, mereka juga khawatir dengan proses tumbuh kembang anak. Selain itu, takut tidak bisa memantau minat dan bakat si kecil di masa emas pertumbuhannya.

Pertimbangan dan persiapan yang matang perlu dilakukan setiap orangtua dalam menentukan masa depan anak. Selain itu, Anda juga harus berupaya membahagiakan anak, ditulis Okezone Kamis (11/3/2021).

Baca Juga: Turunkan Berat Badan, Yuk Konsumsi Kombinasi Makanan Ini

Kedisiplinan dan kejujuran

anak

Ajarkanlah anak kedisiplinan sejak dini. Dimulai dari hal-hal yang sederhana, seperti membersihkan kamar atau mengerjakan PR tepat waktu. Anak yang memiliki rasa disiplin tinggi cenderung akan memiliki masa depan yang cerah.

Sama halnya dengan kejujuran yang merupakan landasan utama dari semua karakter baik. Jangan biasakan berbohong di depan anak, meski untuk kebaikan. Orangtua harus menjadi teladan yang baik dan benar bagi anak.

Cinta dan kasih sayang

Tidak bisa dipungkiri lagi, cinta dan kasih sayang dari orangtua berpengaruh besar terhadap tumbuh kembang anak dan masa depannya.

Perlu diperhatikan, kasih sayang orangtua dapat dicurahkan dalam berbagai cara. Salah satunya adalah meluangkan waktu untuk belajar dan bermain bersama.

Sangat sederhana sekali, namun bisa menjadi sumber kebahagiaan anak dan berpengaruh positif bagi kehidupannya.

Pendidikan

Pendidikan berperan besar dalam mempersiapkan masa depan anak. Pastikan anak mendapatkan pembelajaran terbaik dari sumber yang terpercaya. Pilihkan juga bidang pelajaran yang bermanfaat yang dapat diaplikasikan langsung ke kehidupan sehari-hari. Dilansir dari I can read, misalnya orangtua bisa mengikutkan anak kursus bahasa Inggris atau kegiatan lain yang jadi minat si kecil. Kegiatan ini berfungsi sebagai modal agar anak mampu bersaing di era digital dan percepatan global.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini