Yuk Cegah Kanker Serviks dengan Deteksi Dini HPV Sebelum Menikah

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 10 Maret 2021 23:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 10 612 2375881 yuk-cegah-kanker-serviks-dengan-deteksi-dini-hpv-sebelum-menikah-AyuWQuDsZs.jpeg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BANYAK pasangan belum memahami pentingnya pemeriksaan kesehatan sebelum menikah. Padahal, banyak penyakit menular terjadi melalui hubungan seks, salah satunya Human Papilloma Virus atau HPV.

HPV adalah virus yang dapat menyebabkan infeksi di permukaan kulit, serta berpotensi menyebabkan kanker serviks. Infeksi virus ini ditandai dengan tumbuhnya kutil pada kulit di berbagai area tubuh, seperti lengan, tungkai, mulut, serta area kelamin.

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Republik Indonesia, dr. Hasto Wardoyo mengatakan, vaksinasi HPV harus dilakukan sebelum pasangan calon suami istri menikah.

Kanker serviks

"Ini masih sejalan dengan visi dan misi BKKBN, yaitu mewujudkan penduduk tumbuh seimbang dan keluarga berkualitas, dengan cara menyelenggarakan keluarga berencana dan kesehatan reproduksi," katanya dalam webinar #VaksinasiHPVSebelumMenikah: Protected Together, Rabu (10/3/21).

Ia melanjutkan, pentingnya vaksinasi HPV ini sebagai deteksi dini kanker serviks. Guna menjadi perlindungan diri, dan keluarga di masa yang akan datang.

"Untuk itu, Kami sangat mendukung kegiatan ini dan berharap semoga akan ada lebih banyak keluarga di Indonesia yang menyadari pentingnya vaksinasi HPV serta melakukan deteksi dini kanker serviks," ujarnya.

Sementara itu, artis Kesha Ratuliu juga sangat mendukung dengan adanya kampanye vaksinasi HPV ini. Program ini juga dilakukannya sebelum menikah dengan Adhi Permana.

"Saat mempersiapkan pernikahan beberapa waktu lalu, kami memang mencari tahu apa saja yang perlu kami lakukan khususnya dari sisi kesehatan reproduksi. Ternyata kami mendapati bahwa melakukan vaksinasi HPV pranikah sangat penting," terangnya.

Vaksinasi itu Kesha lakukan untuk mempersiapkan keluarga yang sehat, berkualitas dan terlindung dari penyakit-penyakit yang di sebabkan oleh Human Papilloma Virus atau HPV. 

"Saya ingin mengajak semua wanita dan pasangan yang akan menikah untuk segera melakukan vaksinasi ini, sehingga dapat terus melindungi diri sendiri maupun orang yang kita sayangi. Jadi, ayo cegah kanker serviks dan penyakit terkait HPV lainnya dengan vaksinasi HPV segera, agar kita bisa Protected Together!," Pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini