Ini Kebutuhan Protein untuk Turunkan Berat Badan dan Bangun Otot

Antara, Jurnalis · Kamis 11 Maret 2021 19:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 11 481 2376168 ini-kebutuhan-protein-untuk-turunkan-berat-badan-dan-bangun-otot-0jKg5QYSCp.jpg Ilustrasi membangun otot. (Foto: Senivpetro/Freepik)

PROTEIN adalah salah satu nutrisi penting yang diperlukan tubuh. Protein dapat berfungsi untuk menurunkan berat badan atau membangun otot. Namun, jumlah asupannya setiap hari harus tepat, dan ini berbeda-beda pada setiap orang, tergantung faktor usia, berat badan, hingga tingkat aktivitas fisik.

Sebagaimana dikutip dari laman Insider, Kamis (11/3/2021), ahli gizi Elizabeth Beil mengatakan setiap orang memiliki kebutuhan protein yang bervariasi, tetapi secara umum protein harus mencapai sekira 10 sampai 35 persen dari asupan makanan harian.

Baca juga: Kalahkan Telur, Makanan Ini Miliki Kandungan Protein Melimpah 

Dari sisi usia dan jenis kelamin, misalnya, pria membutuhkan lebih banyak protein dibanding wanita, karena cenderung memiliki lebih banyak otot.

Selain itu, orang berusia lebih tua membutuhkan lebih banyak protein karena tubuhnya tidak memproses protein secara efisien. Orang berusia 70 tahun ke atas juga berisiko lebih tinggi kekurangan protein karena makan lebih sedikit secara keseluruhan.

Ilustrasi menurunkan berat badan. (Foto: Drobotdean/Freepik)

Beberapa contoh makanan setara 1 ons antara lain 1 butir telur, 1 sendok makan selai kacang, 1/4 cangkir kacang, dan 1 ons daging atau ikan matang.

Tingkat aktivitas juga berperan dalam seberapa banyak protein yang dibutuhkan setiap hari. Ketika berolahraga, seseorang memecah otot yang membutuhkan protein untuk memperbaikinya.

Baca juga: Mengonsumsi Protein Setelah Berolahraga, Harus dalam 1 Jam? 

Lalu berapa banyak protein yang dibutuhkan dalam sehari untuk membangun otot?

Menurut ahli diet Cesar Sauza, setiap orang perlu menyesuaikan asupan protein berdasarkan berapa banyak protein yang dimakan dan berapa banyak latihan kekuatan yang dilakukan.

Guna mendapatkan otot, perlu juga kelebihan kalori, artinya mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang dibakar. Namun, ini tidak semuanya harus berasal dari protein.

"Peningkatan protein dikaitkan dengan peningkatan kekuatan dan massa otot, namun tubuh juga membutuhkan karbohidrat dan lemak untuk membantu berkontribusi pada massa otot," jelas Sauza.

Untuk memastikan mencapai tujuan, konsultasikan dengan ahli diet terdaftar untuk membantu menyusun rencana makan dengan keseimbangan protein, lemak, dan karbohidrat yang tepat.

Kemudian berapa banyak protein yang dibutuhkan untuk menurunkan berat badan?

Satu-satunya cara untuk menurunkan berat badan yakni membuat defisit kalori. Ini berarti harus makan lebih sedikit kalori daripada yang dikonsumsi.

Konsumsi protein sebagai bagian dari diet dapat membantu kenyang sehingga makan lebih sedikit kalori secara keseluruhan. Tetapi hanya meningkatkan asupan protein tanpa membuat defisit kalori tidak akan membuat berat badan turun.

Baca juga: Tinggi Protein, 5 Sayuran Ini Sangat Diperlukan Tubuh 

Manfaat lain dari mengonsumsi protein adalah membantu tubuh membangun otot yang dapat sedikit meningkatkan metabolisme istirahat dan membantu membakar lebih banyak kalori secara keseluruhan.

Apabila sudah mencoba menurunkan berat badan dan khawatir pada massa otot, pastikan protein terdiri dari 10 hingga 20 persen dari total kalori harian. Ahli diet Cesar Sauza mengatakan ini bervariasi tergantung pada usia, berat badan, dan latihan kekuatan yang dijalankan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini