Chef Arnold Ungkap Perbedaan Wagyu asal Australia dan Jepang

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 12 Maret 2021 15:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 12 298 2376690 chef-arnold-ungkap-perbedaan-wagyu-asal-australia-dan-jepang-9I55cXjRU1.jpg Chef Arnold. (Foto: Instagram)

PERNAH makan steak wagyu? Daging sapi yang awalnya dari Jepang ini memang sangat digemari oleh banyak orang. Selain dagingnya yang empuk, tektur dan rasanya pun sangat enak.

Sayangnya, harga wagyu dari Jepang sangat mahal, sehingga masuk dalam kategori hidangan premium. Meski demikian, kini sapi "jenis wagyu" ini pun banyak dikembangkan di Australia, sehingga harganya lebih terjangkau.

Juri MasterChef Indonesia, Chef Arnold Poernomo mengatakan, kualitas wagyu dari Jepang lebih premium dibandingkan dari negara lain, seperti Australia.

"Kalau untuk saya sendiri Wagyu itu ada perbedaannya adalah ketika kita mau makan Wagyu untuk makan kenyang itu Australia wagyu. Tapi untuk quality, itu Japanese wagyu," katanya saat media workshop bertajuk "Menciptakan Surga Kuliner di Rumah dengan Satsuma Gyu Wagyu Terbaik di Jepang" secara virtual, Jumat (12/3/21).

Wagyu

Menurut Chef Arnold, wagyu Jepang terbaik berasal dari Kabushima. Di mana kawasan tersebut merupakan daerah terbaik di Negeri Sakura, memiliki sumber alam yang subur. Sehingga sapi yang diternakkan juga punya kualitas baik.

Sementara itu Managing Director PT Subur Atta Utama (SAU), Alexander Hansen juga menyebut, wagyu dari Jepang adalah yang terbaik. Sebab, asal mula nama daging ini juga berasal dari negara tersebut.

Dia menjelaskan, Wagyu berasal dari bahasa Jepang. 'wa' artinya spirit orang Jepang. Kemudian 'Gyu' adalah berarti sapi. Jadi wagyu adalah sapinya orang Jepang. "Jadi Wagyu itu artinya sapinya orang Jepang. Bukan dari Australia, Amerika atau Indonesia," terangnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini