Ketahui Deretan Khasiat Cuka Apel, Bisa Turunkan Berat Badan Lho

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 12 Maret 2021 03:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 12 481 2376333 ketahui-deretan-khasiat-cuka-apel-bisa-turunkan-berat-badan-lho-ePTuDsFVjD.jpg Cuka apel. (Foto: Jcomp/Freepik)

TIDAK banyak orang mengetahui bahwa cuka apel memiliki banyak manfaat kesehatan. Sebab, selama ini cuka apel dikenal hanya sebagai bahan tambahan perasa makanan.

Cuka apel sendiri merupakan cairan yang dibuat dari jus apel yang difermentasi. Caranya, menghancurkan apel lalu memeras sarinya. Cuka apel biasa dipakai untuk pengawet makanan, chutney, vinaigrettes, dressing salad, dan marinade.

Baca juga: Ini Kebutuhan Protein untuk Turunkan Berat Badan dan Bangun Otot 

Langsung saja, berikut deretan manfaat cuka apel yang jarang diketahui orang-orang, seperti dikutip dari laman Healthline.

1. Menurunkan kadar gula darah dan mengatasi diabetes

Cuka apel bisa mengatasi kadar gula darah dan diabetes tipe 2. Ditandai dengan kadar gula darah tinggi yang disebabkan resistensi insulin atau ketidakmampuan untuk memproduksi insulin.

Namun, orang tanpa diabetes juga bisa mendapatkan keuntungan dengan menjaga kadar gula darah dalam kisaran normal. Hal ini dikarenakan beberapa peneliti percaya bahwa kadar gula darah yang tinggi adalah penyebab utama penuaan dan berbagai penyakit kronis.

Cara paling efektif dan tersehat untuk mengatur kadar gula darah adalah dengan menghindari karbohidrat dan gula rafinasi, tetapi cuka sari apel juga memiliki efek baik untuk masalah gula.

Cuka apel.

2. Menurunkan berat badan

Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet, mengonsumsi cuka apel sangat baik karena dapat membantu menurunkan berat badan.

Beberapa penelitian kepada manusia menunjukkan bahwa cuka dapat meningkatkan rasa kenyang. Hal ini dapat membuat Anda makan lebih sedikit kalori, dan otomatis menurunkan berat badan.

Baca juga: 5 Kegiatan Seru agar Anak Tetap Ceria di Masa Pandemi Covid-19 

3. Membunuh bakteri berbahaya

Cuka apel juga dapat membantu membunuh patogen, termasuk bakteri. Sebagian orang, khususnya masyarakat tradisional, menggunakan cuka ini untuk membersihkan dan mendisinfeksi, mengobati jamur kuku, kutu, kutil, dan infeksi telinga.

Hippocrates, seorang bapak pengobatan modern, menggunakan cuka apel untuk membersihkan luka lebih dari 2.000 tahun lalu.

Cuka juga merupakan pengawet makanan, dan penelitian menunjukkan bahwa cuka menghambat pertumbuhan bakteri seperti E-coli yang dapat merusak makanan.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini