Waspada, Ini Gejala Hipertensi yang Sering Tidak Disadari

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 12 Maret 2021 09:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 12 481 2376456 waspada-banyak-orang-tidak-sadar-alami-gejala-hipertensi-d8PrAIwd9z.jpg Ilustrasi cek hipertensi. (Foto: Freepik)

HIPERTENSI atau tekenan darah tinggi bisa dialami siapa saja. Namun, kebanyakan orang tidak menyadari gejala hipertensi hingga akhirnya mengalami keadaan serius.

Akan tetapi, ada beberapa gejala yang bisa diketahui bahwa seseorang terkena hipertensi. Mungkin saja tanpa disadari Anda mengalaminya.

Baca juga: Positif Covid-19, Penderita Hipertensi Diimbau Lanjutkan Konsumsi Obat 

Dikutip dari laman Healthline, Jumat (12/3/2021), sakit kepala, sesak napas, mimisan, pembilasan, pusing, nyeri dada, perubahan penglihatan, hingga darah dalam urine merupakan gejala yang bisa terjadi terhadap seseorang yang terkena hipertensi.

Ilustrasi cek hipertensi.

Sementara itu, dokter spesialis jantung dr Frits Reinier Wantian Suling SpJP(K) mengatakan saat ini hipertensi tercatat menjadi penyakit penyerta atau komorbid tertinggi dan berbahaya bagi pasien terinfeksi virus covid-19. Bahkan, sangat diwaspadai karena dapat memicu kematian akibat komplikasi antara keduanya.

"Data terkini menyebutkan bahwa hipertensi merupakan komorbid tertinggi covid-19 di dunia, termasuk di Indonesia, dengan perbandingan di Amerika Serikat sebanyak 56,6 persen; China 58,3 persen; Italia 49 persen; serta Indonesia 50,5 persen," ujarnya dalam webinar beberapa waktu lalu.

Baca juga: Turunkan Kasus Hipertensi, Memerlukan Deteksi Dini 

Ia melanjutkan, angka kematian akibat hipertensi di dunia termasuk di Indonesia hingga saat ini masih stagnan. Angka kematian hipertensi seluruh dunia dilaporkan lebih dari 9,4 juta setiap tahunnya.

"Merupakan yang tertinggi dibandingkan penyakit-penyakit lainnya, baik di negara-negara maju maupun yang sedang berkembang, bahkan di negara-negara tertinggal sekalipun," terangnya.

Oleh karena itu, untuk mengetahui apakah seseorang mengalami hipertensi atau tidak, sebaiknya rutin memeriksan diri. Khususnya melihat tensi darah yakni sebagai diagnosis pertamanya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini