Vaksin Novavax Disebut Punya Efikasi Lebih dari 96 Persen Lawan Covid-19

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 12 Maret 2021 11:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 12 481 2376541 vaksin-novavax-disebut-punya-efikasi-lebih-dari-96-persen-lawan-covid-19-Vkggd15X6v.jpg Vaksin Covid-19 (Foto: Hindustan Times)

Kabar terbaru dari perusahaan biotech Novavax yang berbasis di Maryland, Amerika satu ini jadi kabar baik.

Pasalnya, mengutip NBC News, Jumat (12/3/2021) vaksin Covid-19 yang dikembangkan oleh Novavax yakni, vaksin Novavax dalam uji eksperimentalnya menunjukkan hasil lebih dari 96 persen efektif untuk mencegah penyakit Covid-19 skala ringan dan parah.

Vaksin Covid-19 

“Kami sangat merasa terdorong dari data ini,” kata Stanley Erck, Presiden dan CEO Novavax.

Hasil tersebut adalah hasil dari uji klinis fase 3, yang digelar di Inggris. Sementara uji klinis Novavax di Amerika dan Afrika Selatan sendiri masih berlanjut.

Oleh karena itu, Novavax belum bisa mengajukan izin penggunaan darurat di Amerika, sebelum uji klinis di negara tersebut selesai.

Disebutkan lebih lanjut, trial vaksin Novavax yang dihelat di Inggris melibatkan lebih dari 15.000 orang dewasa dengan lebih dari 1/4-ya merupakan orang lanjut usia (berusia 65 tahun ke atas), yang mana merupakan kelompok usia yang dianggap punya resiko komplikasi Covid-19 lebih tinggi.

Cara kerja vaksin Novavax diketahui sedikit berbeda dengan vaksin Covid-19 lainnya seperti Pfizer, Moderna, dan Johnson & Johnson.

Jika vaksin Covid-19 produksi Pfizer, Moderna, dan Johnson & Johnson, bekerja dengan sistem memberikan perintah pada tubuh untuk membangun protein lonjakan virus corona, yang kemudian dipelajari oleh sistem kekebalan tubuh untuk dikenali dan dilawan. Tapi vaksin Novavax bekerja dengan sistem yakni langsung mengirimkan protein lonjakan langsung ke tubuh, alias tidak memberikan sinyal perintah ke tubuh terlebih dahulu.

Jika untuk melawan Sars-CoV-2 awal, vaksin dua dosis Novavax ini dikatakan punya efikasi lebih dari 96 persen. Namun, untuk strain atau varian virus baru yang terdeteksi pertama kali di Inggris yaitu B117 yang mana lebih mudah menular, efikasinya menurun sedikit menjadi sekitar 86 persen.

Tapi, vaksin Novavax ini disebutkan 100 persen efektif melawan bentuk paling parah dari penyakit Covid-19, terlepas dari variannya.

Lalu bagaimana dengan proteksi untuk varian virus baru dari Afrika Selatan, B.1.351? Dari data yang dianalisis Novavax dari uji klinis Fase 2b di Afrika Selatan, ini agak mengkhawatirkan para ilmuwan karena efektivitas vaksin Novavax ini hanya sekitar 50 persen efektif melawan varian tersebut.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini