Bisa Lho Bersihkan Paru-Paru dari Polusi dan Asap, Begini Caranya

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Jum'at 12 Maret 2021 17:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 12 481 2376797 bisa-lho-bersihkan-paru-paru-dari-polusi-dan-asap-begini-caranya-DCGljBXnFo.jpg Ilustrasi paru-paru. (Foto: Freepik)

PARU-paru yang sehat sangat penting untuk semua orang. Sebab dengan menjaga kesehatan paru-paru, seperti dari paparan polusi dan asap, dapat membuat dada lega atau tidak sesak. Polusi atau asap sendiri memang bisa meninggalkan mikroba dan patogen di paru-paru hingga menyebabkan sesak.

Selain itu, kesehatan paru-paru juga bisa terganggu dengan adanya asap rokok, polusi udara, dan semacamnya. Guna membantu membersihkan paru-paru dari lendir dan iritan atau meredakan dada sesak serta kondisi tidak nyaman lainnya mungkin perlu teknik khusus.

Baca juga: Kasus Kematian Akibat Kanker Paru Meningkat 18% pada 2020 

Berikut beberapa metode yang bisa dicoba untuk membuka saluran udara, meningkatkan kapasitas paru-paru, dan mengurangi peradangan hingga membantu mengurangi efek polusi serta asap di paru-paru, sebagaimana dilaporkan laman Medical News Today.

1. Makanan anti-inflamasi

Mengonsumsi makanan anti inflamasi dapat mengurangi atau meredakan gejala radang saluran udara, yang membuat Anda sulit bernapas dan menyebabkan dada terasa berat dan sesak. Anda bisa mengonsumsi kunyit, sayuran berdaun hijau, buah ceri, bluberi, zaitun, kenari, atau kacang-kacangan.

Paru-paru. (Foto: Kjpargeter/Freepik)

2. Terapi uap

Terapi uap atau inhalasi uap dapat membantu membuka saluran udara dan mengeluarkan lendir paru-paru. Uap ini berfungsi menambah kehangatan dan kelembapan pada udara yang dapat meningkatkan pernapasan dan membantu mengencerkan lendir di dalam saluran napas dan paru-paru. Menghirup uap air dapat memberikan kelegaan langsung dan membantu Anda bernapas lebih mudah.

3. Batuk yang terkontrol

Batuk adalah cara tubuh mengeluarkan racun secara alami yang terperangkap di dalam lendir. Ini akan mengencerkan lendir berlebih di paru-paru. Anda bisa mempraktikkannya dengan cara duduk di kursi dengan bahu rileks, jaga kedua kaki tetap rata di lantai . Lalu, lipat lengan di atas perut. Tarik napas perlahan melalui hidung dan buang napas secara perlahan sambil mencondongkan tubuh ke depan, mendorong lengan ke perut. Batuk 2 atau 3 kali sambil mengembuskan napas. Dengan mulut sedikit terbuka, tarik napas perlahan melalui hidung. Istirahat dan ulangi seperlunya.

Baca juga: Paru-Paru Ingin Selalu Sehat? Wajib Konsumsi 6 Makanan Ini 

4. Drainase postural

Drainase postural yaitu berbaring dalam posisi berbeda, menggunakan gravitasi untuk mengeluarkan lendir dari paru-paru. Praktik ini dapat meningkatkan pernapasan dan membantu mengobati atau mencegah infeksi paru-paru. Teknik ini berbeda tergantung posisinya.

5. Olahraga

Olahraga teratur dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental, serta menurunkan risiko berbagai kondisi kesehatan, termasuk stroke dan penyakit jantung. Ini juga meningkatkan sirkulasi, membuat tubuh lebih efisien dalam menghilangkan kelebihan karbon dioksida yang dihasilkan tubuh saat berolahraga.

Baca juga: 5 Cara Menjaga Kesehatan Paru-Paru di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19 

6. Perkusi dada

Perkusi adalah cara efektif lainnya untuk mengeluarkan lendir berlebih dari paru-paru. Seorang profesional perawatan kesehatan atau terapis pernapasan menggunakan tangan yang ditangkupkan untuk mengetuk dinding dada secara ritmis guna mengeluarkan lendir yang ada di paru-paru.

7. Teh hijau

Teh hijau mengandung banyak antioksidan yang bisa membantu mengurangi peradangan di paru-paru. Senyawa yang terkandung di dalamnya bahkan dapat melindungi jaringan paru-paru dari efek berbahaya dari menghirup asap.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini