Terungkap, Teh Hijau Bisa Tingkatkan Fungsi Otak hingga Cegah Kanker

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 12 Maret 2021 23:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 12 481 2376949 terungkap-teh-hijau-bisa-tingkatkan-fungsi-otak-hingga-cegah-kanker-l82ZgEhKVQ.jpg Ilustrasi teh hijau. (Foto: Racool Studio/Freepik)

TEH hijau disebut sebagai salah satu minuman tersehat dan memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Selain itu, teh hijau sarat dengan antioksidan.

Sebagaimana dilansir laman Healthline, Jumat (12/3/2021), berikut ini tiga manfaat teh hijau yang baik untuk kesehatan tubuh.

Baca juga: Redakan Stres hingga Obat Mabuk, Manfaat Minum Teh Jahe saat Pagi Hari 

1. Meningkatkan fungsi otak

Teh hijau dapat membantu meningkatkan fungsi otak manusia. Bahan aktif utamanya adalah kafein yang dikenal sebagai stimulan. Namun kandungan kafein ini tidak seperti kopi, di dalam teh lebih baik.

Penelitian menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan berbagai aspek fungsi otak, termasuk suasana hati, kewaspadaan, waktu reaksi, dan memori. Tetapi kafein bukan satu-satunya senyawa penguat otak dalam teh hijau. Ada juga mengandung asam amino L-theanine yang dapat melewati sawar darah-otak.

Teh hijau. (Foto: Shutterstock)

2. Meningkatkan pembakaran lemak

Jika melihat daftar bahan untuk suplemen pembakar lemak, maka Anda akan menemukan kandungan teh hijau sebagai salah satu bahan dasarnya. Menurut penelitian, teh hijau dapat meningkatkan pembakaran lemak dan meningkatkan laju metabolisme.

Dalam sebuah penelitian yang melibatkan 10 pria sehat, mengonsumsi ekstrak teh hijau dapat meningkatkan jumlah kalori yang dibakar hingga 4 persen.

Baca juga: 4 Manfaat Teh Hijau untuk Cantiknya Kulitmu 

3. Menurunkan risiko beberapa jenis kanker

Penelitian menunjukkan bahwa kerusakan oksidatif dapat menyebabkan peradangan kronis, termasuk kanker. Antioksidan bisa membantu melindungi dari kerusakan oksidatif.

Teh hijau adalah sumber antioksidan kuat dan sangat baik. Penelitian mengaitkan senyawa teh hijau dengan penurunan risiko kanker seperti kanker payudara, kanker prostat, kanker.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini