Lemah Saraf, Obati dengan Cara Alami Ini Saja

Iman Firmansyah, Jurnalis · Minggu 14 Maret 2021 19:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 14 481 2377441 lemah-saraf-obati-dengan-cara-alami-ini-saja-Xv9qFlbVg9.jpg Ilustrasi gangguan kesehatan lemah saraf. (Foto: Jcomp/Freepik)

LEMAH saraf bisa dialami siapa saja. Ini merupakan gangguan kesehatan yang cukup serius, tapi sering diabaikan sejumlah orang.

Penyebab lemah saraf bisa berupa cedera, stres, atau trauma pada bagian tubuh. Ada juga penyebab lainnya yakni saraf degeneratif, diet tidak sehat, obat-obatan, infeksi, genetika, serta defisiensi nutrisi.

Baca juga: Catat! Kebiasaan Bunyikan Jari dan Leher Bisa Picu Masalah Kesehatan Tulang Jangka Panjang 

Ini harus segera diatasi, sebab saraf adalah sistem organ pada tubuh yang terdiri atas serat-serat. Saraf menghubungkan organ tubuh dengan sistem saraf pusat yaitu otak dan sumsum tulang belakang. Kemudian bertugas menjalankan fungsi organ tubuh.

Nah, berikut ini cara alami yang bisa diterapkan untuk mengatasi lemah saraf, sebagaimana dilansir laman Times Now News.

Ilustrasi gangguan kesehatan lemah saraf. (Foto: Diana Grytsku/Freepik)

1. Olahraga teratur

Sebuah penelitian mengatakan bahwa olahraga dapat memberikan efek positif pada beberapa fungsi otak seperti ritme sirkadian, respons stres, hingga fungsi kognitif.

2. Berjemur di bawah sinar matahari

Berjemur di bawah sinar matahari terutama di pagi hari dapat membantu meningkatkan vitamin D dalam tubuh. Vitamin D juga dapat membantu metabolisme kalsium dan berfungsinya sistem neuromuskuler dengan baik.

Baca juga: Menkes Targetkan 1,5 Juta Suntikan Vaksin Covid-19 per Hari pada Semester II 2021 

3. Berjalan tanpa alas kaki

Berjalan tanpa alas kaki diyakini dapat membantu mengurangi stres, menenangkan pikiran dan tubuh, meningkatkan kualitas tidur dan meningkatakan fungsi tubuh lainnya.

4. Makanan laut

Makanan laut kaya kandungan vitamin, mineral, asam lemak omega-3, protein dan asam amino, dimana Nutrisi penting tersebut dapat membantu dalam pengembangan sistem saraf dan otak. Anda bisa makan ikan makarel, kepiting, lobster dan udang.

Baca juga: Berkaca dari Sejarahnya, Sayur Lodeh Cocok Dikonsumsi saat Pandemi Covid-19 

5. Asam Lemak Omega-3

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa omega-3 adalah komponen vital untuk perkembangan visual dan saraf sehingga dapat membantu mencegah penyakit neurologis.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini