Ini Manfaat Kesehatan Minum Teh Kunyit, Bisa Cegah Kerusakan Hati Lho

Iman Firmansyah, Jurnalis · Minggu 14 Maret 2021 11:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 14 481 2377480 ini-manfaat-kesehatan-minum-teh-kunyit-bisa-cegah-kerusakan-hati-lho-b2mwwIgE9M.jpg Ilustrasi teh kunyit yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh. (Foto: Flockine/Pixabay)

TEH kunyit adalah salah satu minuman herbal yang mengandung banyak khasiat kesehatan untuk tubuh manusia. Pasalnya di dalam kunyit terdapat kandungan antioksidan serta anti-inflamasi.

Kunyit juga memiliki khasiat lain yakni mencegah risiko kanker, meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan fungsi otak, dan mengurangi peradangan. Lalu kini kunyit bisa dikonsumsi dalam bentuk kapsul, tablet, atau teh.

Baca juga: Kunyit Ternyata Ampuh Menurunkan Risiko Penyakit Alzheimer 

Sementara teh kunyit merupakan minuman herbal yang dibuat dengan menyeduh parutan akar atau bubuk kunyit. Minuman ini memiliki rasa berbeda, tapi halus dan menawarkan beragam manfaat.

Teh kunyit juga bisa dipadukan dengan bahan alami lainnya seperti lemon, madu, jahe, dan merica. Fungsinya meningkatkan rasa serta kandungan nutrisi.

Seperti dilansir laman Boldsky, berikut ini khasiat teh kunyit untuk kesehatan tubuh manusia.

Kunyit. (Foto: Ajale/Pixabay)

1. Meredakan gejala arthritis

Teh kunyit memiliki sifat anti-inflamasi myang dapat membantu meredakan peradangan dan pembengkakan pada penderita arthritis. Sebuah penelitian pada 2013 menemukan bahwa kandungan kurkumin dalam kunyit efektif menurunkan nyeri pada pasien osteoartritis.

2. Mengatur kadar gula darah

Selama ribuan tahun, kunyit sudah digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk mengobati diabetes. Mengonsumsi teh kunyit diyakini bisa membantu menjaga kadar gula darah Anda tetap stabil.

Baca juga: Unik! Kunyit Ini Berwarna Biru Kehitaman, Punya Banyak Khasiat Lho 

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Teh kunyit bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena adanya sifat antioksidan, anti-inflamasi, antivirus, dan antimikroba. Penelitian juga telah menunjukkan bahwa kunyit dapat memperkuat kekebalan dengan melawan infeksi bakteri hingga virus.

4. Menurunkan kadar kolesterol

Kandungan kurkumin pada kunyit terbukti menjaga kesehatan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol LDL (jahat). Perlu diketahui, peningkatan kadar kolesterol LDL dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, dan stroke. Minum teh kunyit dapat mengurangi risiko kesehatan tersebut.

Baca juga: Penelitian Ungkap Kunyit Efektif Kurangi Nyeri Lutut Penderita Osteoarthritis 

5. Mencegah kerusakan hati

Sifat anti-inflamasi pada kunyit banyak memberikan manfaat salah satunya mencegah kerusakan hati akibat penyakit hati kronis. Beberapa penelitian juga telah menunjukkan bahwa kurkumin bisa mencegah toksisitas hati dan menurunkan risiko penyakit hati.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini