4 Manfaat Olahraga di Tengah Pandemi

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Senin 15 Maret 2021 06:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 14 612 2377527 4-manfaat-olahraga-di-tengah-pandemi-giadmH8dKU.jpg Olahraga teratur (Foto: Goodfon)

Terdapat hubungan antara pola makan, olahraga, dan kesehatan Anda. Nutrisi Anda adalah hal penting dalam menjaga kesejahteraan fisik, mental, dan sosial. Serta, hal itu penting untuk mencegah penyakit.

Faktor gaya hidup juga dapat menentukan kesehatan Anda. Oleh karena itu penting untuk melakukan olahraga di tengah pandemi. Namun jangan lupa tetap melaksanakan protokol kesehatan ketat ya!

Terdapat beberapa manfaat olahraga guna menjaga kesehatan tubuh di tengah pandemi, sebagaimana dilansir Nutrition.

 manfaat olahraga

1. Menghilangkan stres dan kecemasan

Stres dan kecemasan meningkat dengan pandemi saat ini, dan itu dapat menurunkan respons kekebalan Anda. Berolahraga melepaskan bahan kimia di otak Anda, seperti serotonin dan endorfin yang dapat membantu memperbaiki suasana hati Anda, mengurangi risiko depresi dan penurunan kognitif, dan menunda timbulnya demensia.

2. Manajemen berat badan

Tidak mengejutkan lagi bahwa aktivitas fisik yang diimbangi dengan diet bergizi seimbang membantu manajemen berat badan. Berat badan berlebih dikaitkan dengan risiko kesehatan yang lebih tinggi.

 

3. Mengurangi risiko kesehatan dan mencegah penyakit

Berolahraga secara teratur dapat mengurangi tekanan darah serta risiko masalah kesehatan serius seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan stroke jika dipadukan dengan diet bergizi seimbang.

4. Menjaga fleksibiltas tubuh

Aktivitas fisik yang teratur dapat meningkatkan kekuatan tulang dan otot, serta meningkatkan keseimbangan dan fleksibilitas. Ini penting untuk semua orang, terutama orang dewasa yang lebih tua karena dapat mencegah jatuh dan cedera. Sedangkan untuk anak-anak, ini membantu pertumbuhan dan perkembangan dan menetapkan kebiasaan sehat untuk masa depan.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini