Bolehkah Olahraga Lari saat Hujan Turun?

Antara, Jurnalis · Senin 15 Maret 2021 13:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 15 481 2377960 bolehkah-olahraga-lari-saat-hujan-turun-qCN1yRUHwT.jpg Ilustrasi olahraga lari saat hujan turun. (Foto: Freepik)

BANYAK orang bertanya, apakah aman melakukan olahraga lari saat hujan turun? Pasalnya, hampir setiap saat kini turun hujan, karena memang sudah memasuki musim hujan dengan intensitas tinggi.

Secara umum boleh saja melakukan olahraga lari saat hujan turun, tapi jangan dikerjakan jika ada petir, badai, atau hujannya sangat deras. Meski begitu, ada risiko performa tubuh akan menurun bila berlari saat hujan turun. Demikian dijelaskan pelatih lari bersertifikat dari Relentless Runners, Audrey Springer.

Baca juga: Cegah Sesak saat Olahraga Lari, Terapkan 5 Teknik Pernapasan Ini 

"Performa dalam hujan tergantung kondisi Anda berlari. Makin deras hujan, makin besar kemungkinan performa Anda akan menurun," tutur Audrey Springer, sebagaimana dinukil dari laman Insider, Senin (15/3/2021).

Ia melanjutkan, tubuh akan tetap mendapat manfaat dari lari, bahkan dalam kondisi hujan yang lebih berat dari biasanya.

Ilustrasi hujan. (Foto: Okezone)

Sementara menurut pelatih lari dari Maverick Running Community, Ryan Miller, sebelum lari sebaiknya memeriksa perkiraan cuaca. Ini untuk membantu menentukan kapan harus menjadwalkan lari dan menghindari kondisi berbahaya.

Baca juga: Ini Trik Olahraga Lari yang Ampuh untuk Mengencangkan Perut 

"Hujan dapat menurunkan suhu dengan cepat dan signifikan. Ini dapat membuat berlari di suhu musim panas menjadi tidak terlalu berat dan meningkatkan kinerja Anda," ungkap Ryan Miller.

Jika Anda seorang atlet lari, berlari di tengah hujan juga dapat membantu mempersiapkan performa menjelang hari perlombaan.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini