3 Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Olahraga Lari saat Hujan Turun

Antara, Jurnalis · Senin 15 Maret 2021 17:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 15 481 2377979 3-hal-yang-perlu-disiapkan-sebelum-olahraga-lari-saat-hujan-turun-19j6esJDQW.jpg Ilustrasi olahraga lari saat hujan turun. (Foto: Arthur Hidden/Freepik)

MUSIM hujan mulai terjadi di sejumlah wilayah. Tapi ini jangan sampai menghentikan aktivitas sehari-hari, salah satunya olahraga lari.

Melakukan olahraga lari saat hujan turun diperbolehkan saja, asalkan tidak ada petir, badai, atau hujan yang sangat deras. Sebab, ini bisa mengancam keselamatan pelari tersebut.

Baca juga: Bolehkah Olahraga Lari saat Hujan Turun? 

Pelatih lari dari Maverick Running Community, Ryan Miller, mengatakan sebelum melakukan olahraga lari sebaiknya memeriksa perkiraan cuaca. Langkah ini bisa membantu menentukan kapan harus menjadwalkan lari dan menghindari kondisi berbahaya.

"Hujan dapat menurunkan suhu dengan cepat dan signifikan. Ini bisa membuat berlari di suhu musim panas menjadi tidak terlalu berat dan meningkatkan kinerja Anda," jelas Ryan Miller, seperti dilansir laman Insider, Senin (15/3/2021).

Selain itu, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum melaksanakan olahraga lari saat hujan turun. Berikut tiga di antaranya.

Ilustrasi hujan. (Foto: Heru Haryono/Okezone)

1. Kenakan pakaian yang tepat

Mengenakan pakaian yang tepat dapat membantu meningkatkan performa lari saat hujan. Ingatlah, semua yang dikenakan ketika hujan akan menyerap air, menambah bobot ekstra. Salah satu cara mengatasinya, mengenakan kain antilembap. Kain ini bekerja dengan menarik kelembapan dari tubuh dan menolak air.

Pelatih lari Ryan Miller menyarankan mengenakan jaket tahan air dan topi yang pas untuk mencegah air hujan masuk ke mata. Lalu segera ganti pakaian basah segera setelah selesai berlari karena bisa menyebabkan infeksi atau bahkan lecet.

Baca juga: Lari Pagi atau Sore, Mana yang Lebih Baik? 

2. Kenakan sepatu lari dengan traksi yang baik

Penting mengenakan sepatu dengan traksi yang baik supaya dapat mencengkeram tanah dengan lebih baik. "Permukaan tempat Anda berlari akan menjadi lebih licin saat hujan dan bahkan bisa berbahaya jika outsole pada sepatu Anda rusak," kata Ryan Miller.

Bisa diketahui apakah sepatu lari kehilangan daya cengkeram dengan melihat solnya. Jika sudah aus atau robek, berarti sudah waktunya untuk menggantinya.

Usai menyelesaikan olahraga lari, biarkan sepatu mengering semalaman.

3. Tingkatkan visibilitas

Jika berlari di jalan saat hujan deras, penting membuat diri terlihat oleh pengemudi untuk mencegah kecelakaan. Maka itu, gunakan pakaian reflektif atau headlamp saat berlari saat hujan.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini