Deretan Olahraga yang Cocok untuk Pekerja Kantoran

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 15 Maret 2021 18:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 15 481 2378186 deretan-olahraga-yang-cocok-untuk-pekerja-kantoran-tvSwpEj1hC.jpg Ilustrasi pekerja kantoran. (Foto: Pressfoto/Freepik)

PEKERJA kantoran membutuhkan gerakan olahraga. Ini untuk membuat tubuh tetap sehat di tengah rutinitas kantor yang padat. Apalagi, banyak pekerja kantoran melalui waktunya sehari-hari dengan duduk di kursi sambil menghadap komputer.

Terlalu lama berada di posisi duduk di meja menatap komputer tentu bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Di antaranya leher tegang dan sakit punggung.

Baca juga: Bolehkah Olahraga Lari saat Hujan Turun? 

Oleh karena itu, pekerja kantoran perlu melakukan olahraga tertentu untuk meregangkan otot dan saraf agar tidak kaku.

Berikut lima olahraga yang cocok dilakukan pekerja kantoran, seperti dilansir laman Times of India.

1. Latihan punggung dan pinggul

Mulailah dengan berbaring telentang dan menjaga lutut tetap di udara. Sekarang sambil menjaga bahu tetap di bawah, putar pinggul Anda dari satu sisi ke sisi lainnya. Ini membantu melatih punggung bawah dan pinggul Anda.

Gerakan olahraga plank. (Foto: Keifit/Pixabay)

2. Dorong beban

Mulailah dengan posisi jongkok. Sekarang paksa tubuh Anda untuk bergerak ke posisi berdiri dan gunakan momentum yang sama untuk mendorong beban ke atas kepala Anda.

Pastikan Anda memilih beban yang nyaman bagi Anda. Latihan ini juga dapat dilakukan dengan menggunakan beban buatan sendiri, jika Anda tidak memiliki dumbel.

Baca juga: Tetap Aman, Olahraga Ini Bisa Dilakukan Ibu Hamil Lho 

3. Tiru gerakan berenang

Ini adalah latihan yang aman dan efektif untuk punggung bawah Anda. Mulailah dengan berbaring tengkurap dan angkat kaki dan lutut Anda. Tendangkan mereka berulang kali meniru gerakan renang gaya bebas.

Lakukan ini setidaknya selama 1 menit. Jika Anda merasa menendang terlalu keras untuk memulainya, bisa mengangkat kaki dan menahan selama mungkin.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini