Share

Ini Dia 4 Asupan Sehat yang Bisa Bikin Mudah Tidur

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 15 Maret 2021 21:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 15 481 2378291 ini-dia-4-asupan-sehat-yang-bisa-bikin-mudah-tidur-sfrEMgfTgC.jpg Ilustrasi asupan sehat yang bisa membantu mudah tidur. (Foto: User14908974/Freepik)

BAGI orang-orang yang sulit tidur harus memerhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsinya. Pasalnya, asupan sehat berupa makanan atau minuman ternyata bisa memengaruhi tidur seseorang.

Lantas, asupan sehat apa saja yang direkomendasikan untuk dikonsumsi supaya bisa mudah tidur di malam hari? Berikut penjelasannya, sebagaimana dipaparkan laman Huffingtonpost.

Baca juga: 6 Cara Efektif Jaga Kesehatan Usus, Salah Satunya Tidur Cukup 

1. Konsumsi makanan tinggi magnesium

Magnesium disebut berperan dalam tidur terkait kemampuannya mengurangi peradangan. Selain itu, magnesium juga bisa membantu mengurangi kadar hormon stres kortisol yang diketahui dapat mengganggu tidur.

Disebutkan Kylene Bogden, ahli gizi dan penasihat kesehatan asal Amerika Serikat, magnesium bisa dimanfaatkan sebagai bantuan alami untuk gampang tidur. Konsumsilah semangkuk kacang, biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran hijau, dan tahu. Ini adalah mangkuk magnesium terbaik dan mudah dicerna untuk makan malam.

Ilustrasi tidur. (Foto: User18526052/Freepik)

2. Makan makanan tinggi melatonin

Melatonin adalah hormon alami yang terkadang disebut sebagai hormon tidur. Ini merupakan hormon yang diproduksi otak manusia sebagai respons terhadap kegelapan. Melatonin membantu dengan waktu ritme sirkadian dan tidur.

Direkomendasikan oleh ahli gizi Shana Minei Spence, supaya mudah terlelap seseorang bisa mengonsumsi makanan seperti keju cottage dan yoghurt plain tanpa rasa yang juga mengandung triptofan. Triptofan inilah yang berfungsi meningkatkan produksi melatonin dan dapat membantu agar bisa tidur nyenyak. Makin banyak dikonsumsi, makin besar efeknya.

Shana menyarankan jika mengonsumsi makanan kaya melatonin dalam porsi besar atau mengonsumsi suplemen maka harus menunggu setidaknya 1 jam atau 30 menit sebelum tidur yang merupakan jumlah waktu yang dibutuhkan agar melatonin memiliki efek di tubuh.

3. Hindari processed foods

Trik lainnya ialah dengan tidak mengonsumsi makanan yang diproses atau processed foods. Daripada processed foods, seperti rekomendasi dari Celine Beitchman, direktur nutrisi di Institute of Culinary Education, baiknya menyantap makanan utuh termasuk karbohidrat kompleks yang dicerna lebih lambat oleh tubuh sehingga bisa membantu menjaga keseimbangan tubuh.

Beberapa pilihan lain yang direkomendasikan, misalnya bubur gandum dengan buah kering atau segar dan kacang panggang, atau telur dengan roti gandum untuk sarapan. Sedangkan untuk menu makan siang atau makan malam, cobalah mengonsumsi ikan salmon atau tempe dan juga tahu.

Baca juga: Tak Mau Cepat Keriput? Hindari 3 Posisi Tidur Ini 

4. Minum minuman hangat bebas kafein

Menjelang waktu tidur, jangan minum segelas kopi atau atau minuman soda. Disarankan ahli gizi Kylene Bogden sebaiknya minum minuman hangat bebas kafein, contohnya secangkir teh chamomile. Bisa juga meneguk secangkir susu golden yakni susu almond berbahan dasar kunyit ditambah kurma sebagai pemanis alami.

Perhatikan juga jam konsumsi, beri jarak setidaknya 2 jam atau lebih di antara waktu makan-minum terakhir dan waktu naik ke tempat tidur. Kemudian jarak 4 sampai 5 jam di antara satu hidangan makanan dengan satu makanan lainnya agar tubuh punya waktu untuk mencernanya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini