Tidak Disangka, 5 Bahan Rumahan Ini Bisa Obati Sakit Kulit

Muhammad Ali Hafizhuddin, Jurnalis · Senin 15 Maret 2021 21:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 15 481 2378297 tidak-disangka-5-bahan-rumahan-ini-bisa-obati-sakit-kulit-ugesfXDFwW.jpg Minyak kelapa bahan rumahan yang bisa mengobati sakit kulit. (Foto: Freepik)

SEJUMLAH bahan rumahan ternyata memiliki sifat penyembuhan alami. Ini sangat bermanfaat untuk mengobati gangguan kesehatan, salah satunya sakit kulit.

Infeksi atau sakit kulit terjadi akibat adanya mikroorganisme berbahaya seperti bakteri, virus, jamur, serta parasit. Sejumlah bahan alami yang ada di rumah ternyata bisa menyembuhkan infeksi kulit tersebut, karena memiliki sifat antimikroba.

Baca juga: 5 Manfaat Pepaya untuk Perawatan Tubuh, Sehatkan Kulit hingga Rambut 

Sebagian bahan rumahan itu dapat mengatasi sakit kulit hanya dengan mengonsumsinya. Beberapa di antaranya dengan dioleskan ke bagian tubuh yang luka. Meski begitu, pengobatan alami ini mungkin tidak bisa diterapkan untuk semua sakit kulit.

Berikut deretan bahan rumahan yang bisa membantu mengobati sakit kulit, seperti dirangkum dari laman Healthsite.

Bawang putih. (Foto: Stevepb/Pixabay)

1. Bawang putih

Bawang putih segar mengandung asam amino yang disebut allicin yang memiliki sifat antibakteri, antijamur, antivirus, dan antiseptik. Allicin dapat melawan bakteri penyebab jerawat serta mengurangi pembengkakan dan peradangan.

Mengonsumsi bawang putih segar juga dapat membantu menyingkirkan jamur dan cacing dari saluran pencernaan. Bawang putih juga merupakan obat topikal yang aman untuk infeksi kulit, seperti infeksi jamur dan kutil.

2. Kubis

Sayuran hijau ini tinggi vitamin C yang membantu tubuh kita melawan virus. Selama bertahun-tahun, daun kubis telah digunakan sebagai tapal untuk menyembuhkan luka sayat, cakaran, sariawan, abses dan luka terinfeksi. Misalnya, Anda dapat menggunakan daun kubis untuk menghilangkan nanah dari kuku kaki yang tumbuh dan dapat menghilangkan infeksi.

Baca juga: 5 Cara Simpel Ini Mampu Jaga Kebersihan dan Kesehatan Kulit Wajah 

3. Madu

Penelitian telah menunjukkan efek antibakteri madu pada bakteri yang umumnya terdapat pada luka, seperti methicillin-resistant Staphylococcus aureus (MRSA) dan vancomycin-resistant Enterococci (VRE). Dapat dioleskan pada luka dan abses. Anda juga bisa mencampurnya dengan bawang putih dan jahe untuk mendesinfeksi luka.

4. Kunyit

Bahan dapur ini adalah obat alami yang sangat baik untuk berbagai kondisi kulit, termasuk jerawat, eksim, dan dermatitis atopik. Berkat sifat anti-inflamasi, antimikroba, dan antioksidannya yang luar biasa, Kunyit juga bisa dimakan atau dioleskan untuk membersihkan luka dan mengobati luka bakar.

Baca juga: Jangan Stres Alami Masalah Kulit Kombinasi, Atasi dengan Cara Ini 

5. Minyak kelapa

Ini adalah pengobatan rumahan yang efektif untuk kurap dan infeksi jamur lainnya yang disebabkan oleh Candida. Kandungan asam laurat dan asam kaprilat yang tinggi dalam minyak kelapa dapat melindungi kulit dari mikroorganisme berbahaya sekaligus meningkatkan kekebalan tubuh, saat dikonsumsi.

Minyak kelapa. (Foto: Mybttrm/Freepik)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini