Ini 4 Manfaat yang Didapat jika Konsumsi Yogurt Setiap Hari

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 15 Maret 2021 22:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 15 481 2378304 ini-4-manfaat-yang-didapat-jika-konsumsi-yogurt-setiap-hari-i02vXDTDZq.jpg Ilustrasi yogurt. (Foto: Topntp26/Freepik)

YOGURT merupakan makanan sekaligus minuman yang menyehatkan. Susu hasil fermentasi ini tidak sekadar sehat, tapi juga bisa membantu menjaga kesehatan tubuh.

Sebuah hasil studi ilmiah di Turki menunjukkan bahwa 35 dari 100 orang mengonsumsi yogurt secara teratur. Di negara tersebut yogurt sering dijadikan makanan penting yakni dikonsumsi hampir setiap hari.

Baca juga: Jaga Kesehatan Tubuh, Jangan Lupa Minum Susu dan Makan Buah Ya 

Dikutip dari laman Daily Sabah, Senin (15/3/2021), berikut ini empat manfaat kesehatan mengonsumsi yogurt setiap hari.

1. Penawar antibiotik

Tahukah Anda, yogurt merupakan salah satu antibiotik alami yang terbaik. Antibiotik memang menghancurkan bakteri penyebab penyakit, tapi juga menyebabkan kematian bakteri jinak. Jika ingin terhindar dari efek samping antibiotik, sebaiknya mengonsumsi yogurt.

Yogurt. (Foto: Freepik)

2. Meningkatkan produksi vitamin B

Tubuh setiap orang hampir tidak dapat memproduksi vitamin sendiri. Hanya vitamin B dan K yang diproduksi melalui reaksi biologis. Seseorang yang rutin mengonsumsi yogurt dapat membantu tubuh memproduksi vitamin B di usus. Vitamin B mengatur keseimbangan energi tubuh, sekaligus melindungi tubuh dari penyakit saraf dan autoimun.

3. Menyeimbangkan gula darah

Hasil studi menunjukkan bahwa kadar gula darah orang yang mengonsumsi yogurt yang tidak difermentasi dan nonskim bisa meningkat. Selain itu, dikarenakan yogurt adalah makanan yang diserap perlahan di usus, nantinya gula darah akan terpengaruh. Oleh karena itu, disarankan mengonsumsi yogurt yang tidak difermentasi dan nonskim untuk setiap hari.

Baca juga: 3 Waktu Terbaik Makan Yogurt, Kapan Saja Ya? 

4. Mempermudah sistem pencernaan

Lactobacillus bulgaricus adalah bakteri yang mempercepat pergerakan usus dan tidak dapat ditemukan dalam makanan selain yogurt. Asam laktat dalam yogurt membunuh bakteri jahat di usus, mencegah diare, dan membantu menciptakan lingkungan usus bagian dalam yang sehat.

Dengan kata lain, produk susu fermentasi ini dapat dikatakan sebagai pembersih usus. Yogurt meningkatkan penyerapan kalsium setelah dikonsumsi dan merangsang hormon saturasi di usus karena mengandung lemak dan protein hewani berkualitas tinggi.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini