Ketahui 5 Manfaat Air Beras untuk Kesehatan Kulit Wajah

Adella Christyanti, Jurnalis · Senin 15 Maret 2021 22:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 15 481 2378311 ketahui-5-manfaat-air-beras-untuk-kesehatan-kulit-wajah-MQXhEksA1o.jpg Air beras. (Foto: Jcomp/Freepik)

APABILA selama ini air cucian beras selalu dibuang, sebaiknya tidak dilakukan lagi. Pasalnya, air beras memberi banyak manfaat untuk kesehatan kulit wajah.

Air beras kaya akan kandungan gamma-oryzanol yang mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV. Oleh karena itu, air beras banyak dijadikan sebagai bahan dasar kosmetik.

Baca juga: Tidak Disangka, 5 Bahan Rumahan Ini Bisa Obati Sakit Kulit 

Penasaran apa saja manfaat air beras untuk kesehatan kulit wajah? Ini penjelasannya, sebagaimana dilansir laman Healthline.

1. Mencegah penuaan dini

Mencuci wajah menggunakan air beras diyakini dapat mencegah munculnya tanda-tanda penuaan. Kandungan vitamin E dalam air beras dilaporkan mampu menghambat proses penuaan dini.

Ilustrasi kulit wajah. (Foto: Senivpetro/Freepik)

2. Mencerahkan kulit

Mencuci wajah menggunakan air beras diketahui mampu mencerahkan kulit. Hal ini karena kandungan gamma-oyzanol pada air beras dapat membuat kulit wajah tampak lebih cerah.

3. Mencegah kulit kering

Air beras diketahui membantu iritasi kulit yang disebabkan oleh sodium laurel sulfate (SLS), bahan yang ditemukan di banyak produk perawatan pribadi. Bukti anekdotal menunjukkan bahwa menggunakan air beras dua kali sehari membantu kulit yang telah kering dan rusak akibat SLS.

Baca juga: 5 Manfaat Pepaya untuk Perawatan Tubuh, Sehatkan Kulit hingga Rambut 

4. Perlindungan kerusakan akibat sinar matahari

Bahan kimia yang terkandung dalam beras telah terbukti membantu melindungi kulit dari sinar matahari. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa itu adalah tabir surya yang efektif bila dikombinasikan dengan ekstrak tumbuhan lain.

5. Mengatasi jerawat

Pati yang terdapat dalam air beras diyakini mampu mengatasi jerawat. Selain itu, pati dalam air beras ini juga bermanfaat sebagai obat alami untuk mengatasi eksim atopic. Meski begitu, efektivitasnya masih belum jelas dan masih dibutuhkan penelitian untuk memastikan manfaat ini.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini