5 Tips Menghilangkan Komedo dengan Cara Rumahan, Coba Yuk

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Selasa 16 Maret 2021 06:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 15 611 2378182 5-tips-menghilangkan-komedo-dengan-cara-rumahan-coba-yuk-GfLgyQZDMi.jpg Komedo (Foto: Oliva Clinic)

Mempunyai komedo memang sering menjengkelkan. Namun untuk menghilangkannya juga kadang menyakitkan. Komedo pada dasarnya adalah pori-pori kulit yang tersumbat oleh kulit mati dan minyak, yang kemudian menghasilkan benjolan, lalu terkena paparan udara yang membuat benjolan ini terlihat hitam.

Namun, Anda tak perlu khawatir, terdapat cara guna menghilangkan komedo secara alami tanpa ada rasa sakit. Berikut adalah lima pengobatan rumahan yang pasti untuk menghilangkan komedo.

 soda kue

1. Soda kue

Selain melawan jerawat, soda kue juga dapat digunakan untuk melawan bintik-bintik hitam ini. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mencampur satu sendok makan soda kue dengan dua sendok makan air. Oleskan pasta ini selama sekitar 15-20 menit, dan bersihkan dengan air hangat. Soda kue adalah eksfoliator alami, dan sifat antibakterinya mencegah kemungkinan iritasi dan infeksi.

 

2. Teh hijau

Saat dioleskan pada wajah, teh hijau memiliki antioksidan di dalamnya yang dapat membantu menghilangkan kotoran dan membersihkan komedo. Hal yang perlu Anda lakukan hanyalah mencampur satu sendok makan daun hijau kering dengan air dan membuat pasta kental. Oleskan selama sekitar 15-20 menit di area yang terkena dan bilas dengan air hangat.

3. Putih telur

Cara ini sangat mudah dan efektif. Campur putih telur dengan satu sendok makan madu. Oleskan campuran tersebut ke wajah Anda dan biarkan benar-benar kering. Cuci bersih dengan air dan kulit Anda akan terlihat bercahaya dan bebas komedo, karena putih telur membantu mengencangkan pori-pori, folikel rambut yang memproduksi sebum, dan menghilangkan komedo serta madu sangat menutrisi kulit, membuatnya lembut dan kenyal.

4. Tomat

Seperti dilansir dari Times of India, tomat juga sangat efektif untuk komedo. Anda hanya perlu mengoleskan bubur tomat ke area yang terkena sebelum tidur dan membilasnya keesokan paginya. Tomat juga memiliki sifat antibakteri yang dapat mengeringkan komedo. Selain itu, tomat adalah exfoliator yang bagus, dan sifat asamnya membantu mengurai pori-pori.

5. Bubuk kayu manis

Obat ini dapat digunakan untuk mencegah dan sekaligus menghilangkan komedo. Mulailah dengan mencampurkan satu sendok makan bubuk kayu manis dan jus lemon. Anda juga bisa menambahkan sejumput bubuk kunyit ke dalamnya.

Oleskan pasta ini ke wajah Anda selama 10-15 menit, dan bilas dengan air biasa. Kayu manis membantu mengencangkan pori-pori dan meningkatkan sirkulasi darah. Jus lemon sarat dengan sifat antibakteri yang membantu melawan jerawat, komedo dan komedo putih.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini