BPJS Kesehatan Beri Bantuan Sosial Rp3,5 Juta, Bener Gak Tuh?

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 15 Maret 2021 20:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 15 612 2378215 bpjs-kesehatan-beri-bantuan-sosial-rp3-5-juta-bener-gak-tuh-Hq659zn01H.jpg BPJS Kesehatan. (Foto: Okezone)

PEMERINTAH memang telah memberikan berbagai bantuan pada masyarakat selama Pandemi Covid-19 ini. Bantuan pun diberikan baik secara langsung maupun tidak langsung.

Salah satu bantuan yang diberikan adalah pra-kerja bagi mereka yang kesulitan mendapat pekerjaan. Tapi, baru-baru ini beredar kabar bahwa BPJS Kesehatan turut memberikan bantuan keuangan.

Beredar pesan berantai di Whatsapp yang menyatakan bahwa adanya bantuan sebesar Rp3,5 juta kepada mereka yang bekerja antara tahun 2000 dan 2021, serta menyertakan tautan palsu dengan tampilan laman berlogo BPJS Kesehatan.

Melansir situs Covid-19.go.id, Faktanya pesan tersebut tidak benar. Kepala Humas BPJS Kesehatan M Iqbal Anas Ma’ruf memastikan informasi bantuan sosial finansial dari BPJS Kesehatan adalah tidak benar alias hoaks.

BPJS Kesehatan tidak pernah memberikan bantuan berupa bantuan finansial kepada para pesertanya, sebagaimana dinarasikan dalam unggahan tersebut

BPJS Kesehatan

Semua informasi terkait BPJS Kesehatan bisa diakses melalui care center 1500 400 atau ke akun medsos resmi dan website resmi bpjs-kesehatan.go.id

Hati-hati dengan informasi terkait kesehatan yang beredar tidak melalui kanal-kanal resmi, seperti postingan di media sosial atau broadcast pesan di aplikasi chatting.

Cek kebenaran sebuah informasi dengan:

1. Kirim pesan WhatsApp ke Chatbot Mafindo ke nomor 085921600500

2. Cek di situs Kementerian Kominfo di https://komin.fo/inihoaks atau https://turnbackhoax.id dan https://cekfakta.com.

3. Cek dan buktikan hoaks terkait Covid-19, kunjungi https://s.id/infovaksin

Untuk informasi terkait Covid-19 kunjungi situs resmi Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional https://Covid19.go.id/

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini