10 Hal Penting yang Mesti Diperhatikan Sebelum Menikah

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Senin 15 Maret 2021 22:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 15 612 2378322 10-hal-penting-yang-mesti-diperhatikan-sebelum-menikah-X66w2XxzUV.jpg Ilustrasi pernikahan. (Foto: Freepic Diller/Freepik)

SEBELUM memutuskan menikah, setiap orang harus memerhatikan beberapa hal penting terkait rumah tangga. Ini bertujuan membuat pernikahan menjadi langgeng dan tahan terhadap berbagai cobaan.

Hal penting tersebut tidak hanya terkait diri sendiri, tetapi juga pasangan yang bakal menemani sepanjang hidup, terutama mengenai menjalin hubungan.

Baca juga: Merencanakan Pernikahan Malah Bikin Stres? Atasi dengan 5 Cara Ini 

Kunci keberhasilan suatu hubungan adalah saling terbuka dan mau mengalah. Adanya perbedaan perspektif merupakan hal wajar, tinggal bagaimana Anda dan pasangan menyikapinya. Buat kesepakatan untuk banyak hal, persetujuan, atau perjanjian yang sama-sama ditepati serta patuhi.

Lalu sebelum lanjut ke jenjang pernikahan, ada baiknya memerhatikan 10 hal penting berikut ini, seperti dijabarkan laman Lifehack.

1. Kepercayaan

Ini merupakan nilai inti saat ingin dan sudah menjalin sebuah hubungan. Anda dan pasangan harus saling percaya satu sama lain, sehingga bisa menghadapi segala rintangan yang ada. Menurut sebuah artikel di jurnal Psikologi Strategis, kepercayaan merupakan bagian integral dari kebahagiaan dan pemenuhan hubungan. Baik dalam kehidupan pribadi, maupun profesional. Untuk membangun kesejahteraan bersama, sangat dibutuhkan adanya kepercayaan.

2. Agama

Hal ini penting saat Anda membesarkan anak. Pengetahuannya tentang agama berawal dari kedua orangtuanya. Orangtua wajib memberikan pemahaman yang tepat mengenai agama. Ajarkan segala sesuatunya dengan sistematis dan perlahan agar anak menjadi lebih paham.

Cincin pernikahan. (Foto: Shutterstock)

3. Kejujuran

Ini berkaitan dengan nilai kepercayaan dan komunikasi. Jika Anda dan pasangan saling tulus dan ingin membawa hubungan tersebut ke jenjang yang lebih serius, jangan pernah merusak sebuah kepercayaan dengan berbohong. Karena sekali terdapat pengkhianatan, akan susah untuk mendapat sebuah kepercayaan lagi.

4. Loyalitas

Menurut Relationship Advice, loyalitas adalah dedikasi untuk mengetahui bahwa Anda hanya mengabdi satu sama lain. Semua pilihan dan keputusan yang Anda buat telah dipertimbangkan dengan pasangan. Komitmen dan ikatan ini tidak bisa dipatahkan karena saling setia. Jika kesetiaan telah tertanam dan tumbuh dalam diri Anda, hal ini mungkin akan membawa hubungan Anda dapat bertahan lebih lama.

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Dihindari agar Pernikahan Langgeng 

5. Keluarga

Berada di dalam suatu hubungan bukan hanya tentang dua orang yang bertemu, melainkan juga menyatukan dua keluarga besar. Oleh karena itu, berbaktilah dan saling menghormati kepada keluarga dari pasangan Anda, layaknya Anda bersikap kepada keluarga sendiri. Ketika Anda sudah memiliki anak, keluarga memiliki peran penting dalam hidupnya, terutama kedua orangtuanya. Bimbing dan bantu mereka, perkuat ikatan hubungan kekeluargaan.

6. Komunikasi

Selain kepercayaan, komunikasi juga merupakan hal utama demi sejahteranya hubungan Anda. Berkomunikasi satu sama lain akan membuat Anda menjadi lebih dekat dengan pasangan dan mengenalnya sedalam mungkin. Jangan menyimpan segala sesuatunya untuk diri sendiri. Ceritakan saja semuanya kepada pasangan. Saling terbuka satu sama lain akan membuat pasangan Anda merasa diandalkan dan dipercaya. Masalah tidak akan terselesaikan jika tidak saling jujur.

7. Disiplin diri

Terapkan kebiasaan-kebiasaan baik dalam diri Anda terlebih dahulu. Disiplin tentang kebiasaan makan, menjaga kebersihan rumah, dan menunda pekerjaan. Dengan begitu, nantinya pasangan Anda akan terbiasa dan secara tidak sadar akan hidup disiplin juga seperti yang Anda terapkan. Hal ini juga dapat mengurangi timbulnya permasalahan dalam rumah tangga Anda.

Baca juga: 5 Pengalaman Hidup yang Baru Anda Dapat Setelah Menikah, Benar Gak? 

8. Memperbaiki diri

Belajar dan tumbuh bersama adalah jalan menuju hubungan yang sukses. Oleh karena itu, jadilah contoh yang baik dan benar terlebih dahulu. Jika Anda ingin menempuh pendidikan yang lebih tinggi hingga sukses, komunikasikan kepada pasangan Anda. Beri tahu bahwa penantiannya ini tidak akan sia-sia karena Anda ingin menjadi pemimpin yang ia harapkan saat membangun rumah tangga nanti.

9. Keuangan

Jangan pernah meremehkan nilai ini. Agar hubungan Anda berkembang, harus memiliki pemikiran dan tujuan yang sama dengan pasangan Anda tentang cara mengelola keuangan. Dengan dapat mengatur keuangan yang baik, masa depan Anda berdua dan keluarga akan terjamin.

10. Gaya hidup

Jika Anda telah memutuskan untuk mendampingi pasangan hingga akhir hidupnya, maka Anda juga harus saling menerima dan menyesuaikan gaya hidup masing-masing. Ciptakan ide-ide kreatif untuk menghabiskan waktu bersama. Melakukan banyak aktivitas bersama dapat menumbuhkan kebahagiaan yang luar biasa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini